Home Tech Wajib Tahu Ini Pengertian Komunikasi dan Tujuannya

Wajib Tahu Ini Pengertian Komunikasi dan Tujuannya

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Wajib Tahu Ini Pengertian Komunikasi dan  Tujuannya

Tentunya komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap manusia di dalam kehidupan sehari-harinya. Tanpa adanya komunikasi maka nantinya bisa dipastikan bahwa kamu tidak akan mengerti atau memahami orang lain dengan baik tentunya. Pada dasarnya, pengertian komunikasi  sendiri merupakan sebuah proses pengiriman dan juga penerimaan pesan maupun berita. Dimana hal tersebut bisa dilakukan oleh dua orang atau bahkan lebih.

Dengan begitu, nantinya pesan yang diterima atau dikirim tersebut bisa dipahami dengan mudah oleh keduanya. Dengan begitu dapat dikatakan  juga bahwa komunikasi sendiri merupakan proses hubungan maupun kontak. Di samping hal itu, komunikasi tentunya mempunyai tujuan yang terarah dan bisa bermanfaat untuk setiap lini kehidupan. Pada dasarnya tujuan komunikasi sendiri dibagi menjadi 3 bagian yang peryama yaitu supaya komunikator bisa dimengerti oleh komunikan tentunya.

Tujuan yang pertama ini nantinya akan memastikan pesan maupun informasi yang dikirim oleh si komunikator bisa dipahami dengan baik oleh si komunikan atau penerimanya sendiri. Untuk itu, komunikator wajib menyampaikan pesan tersebut kepada si penerima dengan jelas dan juga terstruktur. Dengan begitu, komunikan bisa mengelola pesan atau infomrasi dari pengirim dengan baik nantinya. Tujuan kedua dari komunikasi tidak lain yaitu supaya bisa mengenal orang lain lebih dalam lagi tentunya. Dimana poin yang kedua ini harus melalui interaksi dan juga komunikasi supaya bisa mengenal maupun memahami satu sama lain nantinya.

Kemampuan membaca, mendengar, dan juga menerjemahkan pesan dari orang lain tersebut merupakan suatu poin yang begitu penting. Maka dari itu jika tidak ada hal tersebut bisa dipastikan proses komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar. Terakhir, tujuan dari komunikasi  tidak lain yaitu supaya pendapatnya sendiri bisa diterima oleh orang lain. Tidak harus banyak yang menerima pendapatnya, melainkan komunikator sendiri biasanya akan merasa cukup senang apabila orang lain bisa memahami pesannya dengan baik. Biasanya komunikasi yang satu ini kerap dilakukan secara persuasif untuk menyampaikan ide maupunn gagasannya sendiri kepada orang lain supaya nantinya dapat diterima dengan baik tentunya.

You may also like