Home Aplikasi Tips Berbelanja Online Agar Kamu Merasa Aman

Tips Berbelanja Online Agar Kamu Merasa Aman

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Tips Berbelanja Online Agar Kamu Merasa Aman

Membeli barang secara online saat ini banyak menjadi pilihan ditengah kesibukan manusia moderen akan perkerjaan atau hanya sekedar merasa malas untuk pergi ke toko secara langsung karena berbagai alasan. Namun belakangan marak kasus penipuan ketika berbelanja secara online sehingga membuat para pembeli mulai merasa was-was ketika hendak membeli barang secara online.

Belum lagi jika barangnya berbentuk digital akan semakin rawan penipuan. Sebelum memutuskan berbelanja produk digital bisa kamu baca referensi dunia produk digital seperti situs marlinbooking.co.id, disitu ada banyak referensi games yang patut untuk dicoba seperti Mobile Legends, Free Fire hingga higgs domino rp

Sebenarnya ada bebepa cara yang kita dilakukan untuk menghindari kejadian tersebut. Berikut adalah tips berbelanja online yang telah penulis kumpulkan dari berbagai sumber yang bisa kamu simak.

1. Pastikan Toko Terpercaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli barang secara online adalah dengan memeriksa toko tempat mu berbelanja apakah terpercaya atau tidak. Caranya dengan melihat ulasan dari para pembeli sebelumnya dan melihat tanda yang terdapat pada toko online tersebut. Jika toko memiliki tanda centang dari marketplace, maka artinya toko tersebut sudah terpercaya.

2. Lihat Ulasan dan Deskripsi Produk

Untuk mengetahui keaslian dan kualitas produk yang hendak kamu beli tentunya kamu perlu memeriksa ulasan yang telah diberikan oleh pembeli sebelumnya. Jika jumlah pembeli yang memberikan ulasan positif sudah mencapai ratusan atau ribuan, sepertinya produk yang akan kamu beli tersebut memang original.

3. Pahami Ketentuan di Toko Online

Jangan meremehkan ketentuan yang sudah diberikan toko tempat kamu hendak membeli produk karena dengan mengetahui ketentuan-ketentuan tersebut kamu akan lebih mudah melakukan tindakan jika nantinya terjadi hal yang tidak terduga pada saat kamu membeli produk.

4. Harga Murah Bukan Jaminan

Harga seringkali menjadi jebakan untuk para pembeli yang tidak hati-hati. Kamu patut curiga terhadap kualitas dan keaslian suatu produk jika produk tersebut dijual dengan harga murah dibawah rata-rata harga pasaran. Cermati lagi mengenai ulasan produk tersebut.

5. Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Berbelanja barang secara online memiliki banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Pastikan untuk memilih metode pembayaran yang jelas. Jika penjual meminta untuk melakukan pembayaran dengan metode yang tidak ada dalam pilihan metode pembayaran di marketplace yang kamu gunakan, maka kamu sebaiknya hati-hati karena bisa jadi itu adalah penipuan.

Berbelanja secara online memang aktivitas yang sangat menyenangkan karena kita hanya perlu memilih barang lewat layar ponsel sambil melakukan aktivitas lain. Namun bukan berarti kamu bisa menyepelekan hal ini. Tetaplah untuk berhati-hati agar barang yang kamu beli bisa sampai dengan aman sampai tujuan.

You may also like