Home Business Tiga Cara Mengatur Uang Di Awal Bulan, Agar Tidak Sengsara Di Akhir Bulan

Tiga Cara Mengatur Uang Di Awal Bulan, Agar Tidak Sengsara Di Akhir Bulan

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
photo credit: Google
Padahal, apabila kamu bisa menyisakan beberapa persen saja dari penghasilanmu untuk ditabung maka kamu akan memiliki cadangan dana untuk hal-hal tak terduga dan tentunya masa depanmu.

Banyak pria yang mengeluh tidak memiliki uang di akhir bulan karena menghabiskannya di awal bulan untuk membeli banyak hal. Bukan rahasia lagi apabila mengatur uang bulanan dari penghasilan merupakan hal yang sulit. Seringkali hal tidak terduga terjadi dan menyebabkan kamu tidak bisa menabung dan berakhir dengan tidak memiliki uang di akhir bulan. Sebuah hal yang tidak menyenangkan bukan? Padahal, apabila kamu bisa menyisakan beberapa persen saja dari penghasilanmu untuk ditabung maka kamu akan memiliki cadangan dana untuk hal-hal tak terduga dan tentunya masa depanmu. Nah, berikut ini beberapa langkah hebat ini akan membantumu mengantur pengeluaran bulanan menjadikanmu tetap kaya diakhir bulan tentunya.

 

1. Susunlah anggaran pengeluaran di awal bulan

 

photo credit: Google

photo credit: Google

Membuat susunan anggaran pengeluaran pribadi merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menghemat uang. Catatlah apa saja yang harus kamu beli di bulan ini. Awal yang cukup mudah bukan? Tantangan sebenarnya datang ketika kita menerapkan susunan anggaran ini apakah kita bisa tetap konsisten atau malah melenceng dari rencana awal. Sedikit tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek dan membaca lagi setiap waktu susunan anggaran yang telah kamu buat sebelumnya. Terkadang kamu tidak sadar dan tiba tiba ingin membeli sesuatu yang tidak ada di daftar tersebut maka tetap ingat dan berpatokan pada anggaran tersebut. Banyak hal positif yang kamu dapatkan ketika menerapkan langkah awal ini, seperti melatih kedisplinan dan konsistensi dengan apa yang kamu tentukan sebelumnya. Catatan untuk kebutuhan tidak terduga bisa diambil dari anggaran tersebut selama masih sesuai dengan logika dan tidak berlebihan.

 

2. Survei barang kebutuhan kamu

Tahukah kamu bahwa barang yang diijual di supermarket satu dan lainya sering kali berbeda dan seslisih beberapa ribu. Pintar pintarlah dalam membandingkan harga-harga tersebut agar kamu bisa mendapatkan harga yang susuai dengan anggaranmu. Melihat bebrapa situs supermarket dan berburu diskon juga merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Berbagi dan sharing dengan teman kamu tentang pengalaman mereka berbelanja bisa juga dilakukan untuk menjadi referensimu dalam berbelanja. Setelah kamu tahu tempat-tempat mana yang memiliki diskon dan harga yang mura,h saatnya pergi untuk berbelanja dan selalu ingat untuk sesuai dengan anggaran.

 

3. Minimalisir penggunaan kartu kredit

Coba ingat kapan terakhir kali kamu menggunakan kartu kredit dan untuk membeli apa. Apabila kamu merupakan salah satu tipe yang suka menggunakan kartu kredit, maka kurangi kebiasaan tersebut. Sebisa mungkin di awal bulan jangan menggunakan kartu kredit dan lebih baik mengambil uang secara cash dengan ATM. Cobalah untuk lebih mendisiplinkan diri dengan mengontrol pengeluaran dan penggunaan kartu kredit seminimal mungkin.

 

Beberapa langkah tersebut bisa menjadi referensimu dalam mengelola keuangan bulananmu. Mengambil langkah cerdas dan efisien sangat dibutuhkan, agar uang yang dimiliki tidak cepat habis. Mulai disiplinkan diri dan membuat urutan prioritas apa yang harus dibeli dan apa yang tidak perlu dibeli. Langkah efisien tersebut akan membuatmu bijak dalam mengelola uangmu serta apabila beruntung kamu kan mendapatkan bonus berupa uang yang bisa kamu tabung untuk kebutuhanmu di masa depan.

You may also like