Home Business Tata Cara Pendaftaran Merek Internasional

Tata Cara Pendaftaran Merek Internasional

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Tata Cara Pendaftaran Merek Internasional

Memasuki pasar internasional buat tiap pemilik usaha jelas jadi peluang yang baik. Kesempatan yang semakin besar dalam pasarkan produk, lantas mengantongi untung yang bertambah menjanjikan.

Tetapi sebelumnya, tekankan supaya merek dagang yang akan Anda tawarkan sudah disadari serta dilindungi di negara itu. Maksudnya pasti, untuk hindari perampokan merek sekaligus juga ikuti peraturan perniagaan yang mengikat dalam kekayaan Intelektual.

Karenanya, memahami tata langkah pendaftaran  merek dagang dibutuhkan untuk langkah pertama. Ditambah, dengan peraturan perdagangan dunia yang sekarang mempermudah lewat prosedur Madrid.

Tata Langkah Pendaftaran Merek

Sebelum mengawali step pendaftaran merek. Anda perlu pahami ketentuan dalam mengajukan merek internasional. Ketentuan itu diantaranya merek sudah tercatat di Dirjen Kekayaan Intelektual, sebagai instansi berkuasa di Indonesia.

Tercatat sesudah kesepakatan mengajukan adalah bukti, bila merek yang akan dijual sudah disadari di negeri. Ketentuan setelah itu adalah masyarakat negara Indonesia dan bertempat di Indonesia. Bentuk usaha harus riil serta nampak lewat photo usaha dan dokumen simpatisan yang lain.

Mekanisme Pendaftaran

  • Untuk mengenali bertambah detil tentang mekanisme mengajukan, pemohon dapat berkunjung ke halaman web dirjen hki terlebih dahulu.
  • Melalui web itu, berisi mengajukan yang akan diperuntukkan ke Unit Internasional lewat Djki.
  • Permohonan internasional mewajibkan isi formulir MM2 dalam bahasa Inggris, yang terlampir di web.
  • Formulir selanjutnya akan divalidasi oleh Djki termasuk juga kontrol data serta pemenuhan kriteria.
  • Djki setelah itu kirim ke tubuh kekayaan Intelektual dunia, WIPO.
  • Pada WIPO, akan mengecek dengan cara normalitas, menulis permintaan pendaftaran dalam sisi register, cetak sertifikat pendaftaran dan, lalu mengirim mengajukan ke negara arah.
  • Negara arah akan mengecek dengan cara substantif berdasar undang-undang nasional yang berlaku di semasing negara, minimal 12/18 bulan.

Tentang kesepakatan, semuanya adalah kuasa negara tujuan. Ditambah tiap negara punyai peraturan semasing untuk diaplikasikan. Kesepakatan, setelah itu akan dikembalikan ke Indonesia lewat Djki untuk verifikasi permintaan.

Prosedur Madrid serta Keanggotaan WIPO

Ketentuan perdagangan internasional lewat WIPO termasuk juga baru. Indonesia sendiri, baru masuk semenjak tahun 2017 ke organisasi bentukan PBB itu. Untuk instansi internasional yang mengatasi kekayaan Intelektual dunia, WIPO dipandang seperti jalan yang mempermudah akses dagang.

Seperti instrumen fundamen, yaitu membuat perlindungan design, industri, hak cipta, hak paten, merek dagang. Karena perlindungan kekayaan Intelektual berbentuk teritorial, karena itu merek dagang sekarang dapat tercatat lewat satu pintu.

Sebelum masuk pada WIPO, tiap pemohon harus mengontak konsultan HKI di tiap negara untuk jalan pendaftaran. Tentunya, langkah ini bertambah memerlukan waktu, ongkos serta tenaga dalam pengurusannya.

Indonesia ialah satu diantara 191 negara yang tercatat dalam keanggotaan WIPO. Itu bermakna, pemohon yang penuhi kriteria dapat ajukan permintaan merek langsung ke 191 negara, cukup dengan satu akses saja.

Skema ini dikenal juga untuk Prosedur Madrid yang sudah diaplikasikan terlebih dulu di beberapa negara. Akses Indonesia dengan Prosedur Madrid sebetulnya telah ada semenjak 2016 kemarin.

Persiapan itu mencakup peraturan, infrastruktur tersedianya sumber daya oleh Djki sebagai penanggungjawab. Tetapi, baru di tanggal 2 Oktober 2017 Indonesia sah jadi anggota WIPO, yang selanjutnya jalankan semua ketentuan dalam organisasi.

Tata langkah pendaftaran merek internasional memberikan kesempatan pebisnis dalam negeri, untuk meningkatkan bisnisnya semakin besar. Daya saing yang tinggi, pastinya akan jadi rintangan sekaligus juga kesempatan keuntungan yang bertambah memberikan keyakinan.

You may also like