Home Otomotif Simak Pengertian Kompresor beserta Cara Kerjanya Biar Lebih Paham

Simak Pengertian Kompresor beserta Cara Kerjanya Biar Lebih Paham

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Simak Pengertian Kompresor beserta Cara Kerjanya Biar Lebih Paham

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui pengertian kompresor, padahal poin yang satu ini sangat penting untuk diketahui. Pada dasarnya, kompresor sendiri merupakan salah satu komponen maupun mesin yang mempunyai peranan penting dalam menaikkan tingkat fluida gas alias tekanan udara. Dimana kompresor tersebut harus membutuhkan bahan bakar supaya nantinya bisa dijalankan pastinya.

Fungsi dari kompresor sendiri tidak lain sangat beragam dan berguna di setiap kehidupan manusia. Beberapa diantaranya yaitu kompresor berfgunsi untuk mengisi angin dari ban kendaraaan milikmu sendiri, mengecat kendaraan menggunaan spray, dan juga melakukan optimalisasi terhadap bahan bakar motor listrik pastinya. Di sisi lain, fungsi dari kompresor ini juga menyedot gas yang ada disekitar lalu memberikan tekanan pada tabung dan nantinya dibagikan lagi dalam bentuka udara.

Kompresor ini sering digunakan untuk melakukan suplai udara bagi para penyelam, mengisi udara pada alat spray, dan juga memberikan udara bersih bertekanan tinggi. Selain itu, nantinyaa kompresor juga dilakukan untuk melakkan suplai udara bersih pada sistem air conditioning pneumatic hinnga ventilasi di bangunan sekolah ataupun perkantoran.

Setelah memahami pengertian dan juga fungsi dari kompresor, kamu wajib untuk mendalami cara kerjanya. Dengan begitu kamu lebih tahu bagaimana kinerja dari kompresor tersebut pastinya. Salah satu analogi yang cocok untuk menggambarkan kinerja dari kompresor ini tidak lain yaitu ketika kamu meniup api pada lilin. Tentunya kamu akan menarik napas sedalam-dalamnya untuk menghasilkan udara yang berguna untuk meniup api.

Begitulah cara kerja dari kompresor sendiri, yang mana membentuk udara dengan tekanan. Dimana prinsip dari kompresor tersebut juga tidak jauh berbeda dengan beberapa alat lainnya seperti halnya spada ban sepeda, mobil, maupun sepeda motor. Pada saat piston kompresor tersebut diangkat ke atas maka nantinya akan membentuk tekanan berbentuk silinder di badian bawahnya. Setelah itu secara otomatis akan turun dengan sendirinya secara perlahan lalu hasil udaranya yang keluat tadi nantinya akan masuk lagi ke bagian pompa. Setelah itu disumbat dan mengalir ke bagian tekanan udara yang jauh lebih rendah.

You may also like