Home Tech Seberapa Pentingnya Desain Aplikasi Mobile?

Seberapa Pentingnya Desain Aplikasi Mobile?

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Desain Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile atau seluler mengalami perubahan yang sangat drastis dari perkembangannya saat ini, termasuk dalam meningkatkan kepuasan seorang pengguna aplikasi dengan cara design mobile application. Design mobile application terdiri dari dua bagian, yakni user interface (UI) dan user experience (UX) dengan tujuan agar aplikasi mobile yang telah diciptakan mudah digunakan pengguna. User Experience (UX) merupakan suatu cara untuk meningkatkan kepuasan seorang pengguna aplikasi dalam melakukan interaksi antara user dengan sistem yang ada didalamnya seperti fitur-fitur aplikasi atau produk yang dijual. Hal tersebut akan menjadi sangat penting dimana UX akan berperan untuk mempermudah interaksi antar pengguna aplikasi dengan aplikasi tersebut. Sedangkan user interface (UI) berbeda dengan UX, dimana UI merupakan desain tampilan perangkat lunak seperti computer dan perangkat selulernya yang bertujuan untuk memaksimalkan pengalaman dari pengguna. Apabila sulit mencari referensi bisa akses lama reliancerobopds.co.id atau X8 speeder

Sebuah aplikasi mobile dapat dikatakan sukses dan berhasil apabila pengguna merasa puas dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, suatu aplikasi haruslah dapat memikat dan memastikan keseimbangan yang tepat antara user interface dengan user experience. Dan ini menjadi keharusan setiap perusahaan untuk memilih tim pengembang aplikasi mobile yang dapat menggabungkan antara UI dan UX secara efektif. Keseimbangan dari kedua ini, akan membantu semakin banyak jumlah pengguna yang mengunduh dan menggunakan aplikasi, produk dan jasa dari anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Desain Aplikasi Mobile

Membuat desain aplikasi mobile bukan merupakan hal yang mudah, dan untuk memudahkan pembuatan desain aplikasi anda, ada beberapa yang pertama adanya hal-hal mendasar untuk diperhatikan seperti navigasi, desain responsive, dan tidak menggunakan terlalu banyak animasi. Yang kedua, tetap berpegang pada prinsip UI yang mempunyai kejelasan atau desain yang jelas saat pengguna aplikasi sedang menggunakan aplikasi tersebut dan anda harus memperhatikan juga mempertimbangkan membuat tampilan desain yang sederhana untuk mempermudah pengguna memahami fungsi-fungsi atau fitur yang disediakan oleh sistem aplikasi anda, konsisten, memiliki ruang kosong diantara kolom, garis atau gambar untuk menciptakan tata letak agar lebih rapi dan mudah dipahami pengguna.

Beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan adalah warna, dan font pada saat mendesain aplikasi mobile. Sebaiknya, anda menggunakan satu jenis font saja dan menghindari penggunaan banyak jenis font untuk menjaga konsistensi, jika ingin font yang berbeda maka dapat anda terapkan saa menghighlight seperti heading. Sedangkan untuk pemilihan warna, sebaiknya pilihlah warna yang familiar dan membuat pengguna nyaman pada saat melihat aplikasi mobile anda.

 

You may also like