Home Health Perubahan Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

Perubahan Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Perubahan Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

Masa remaja adalah tahapan ketika anak mengalami perubahan fisik yang signifikan. Terdapat hal-hal yang menandai perubahan perkembangan fisik remaja menurut Mustika Pustaka Negeri yang akan dibahas pada ulasan kali ini.

Perubahan yang akan terlihat sangat jelas yaitu bentuk fisik anak remaja akan mulai menyerupai orang dewasa. Perubahan fisik tersebut terjadi karena adanya peran hormon, seperti hormon pertumbuhan di masa pubertas.

Mengetahui Perubahan Perkembangan Fisik yang Akan Terjadi pada Remaja

Sangat penting bagi orang tua untuk mendampingi perubahan perkembangan fisik yang akan terjadi pada diri anak remaja mereka. Sehingga, sang anak memahami dengan baik perubahan-perubahan fisik yang tengah dialaminya.

Agar mampu mendampingi anak dengan baik, penting bagi orang tua untuk mengetahui perubahan perkembangan fisik apa yang akan dialami remaja. Berikut merupakan perubahan perkembangan fisik remaja menurut Mustika Pustaka Negeri:

1. Pertumbuhan Bentuk Tubuh

Pada anak laki-laki di masa remaja, pertumbuhan bentuk tubuh ditandai dengan melebarnya bahu, dada yang menebal, serta bertambahnya tinggi badan. Pertumbuhan tersebut umumnya terjadi pada usia 12 – 16 tahun.

Sementara pada anak perempuan di masa remaja, pertumbuhan bentuk tubuh yang terjadi yaitu melebarnya tulang panggul dan membesarnya payudara. Pertumbuhan tersebut biasanya terjadi di rentang usia 10 – 14 tahun.

2. Perkembangan Jaringan Tubuh

Pada anak laki-laki, perkembangan jaringan tubuh ditandai dengan terjadinya perkembangan otot ketika memasuki masa remaja. Sementara pada anak perempuan, ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan lemak pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Perubahan-perubahan tersebut akan menjadi pembeda antara perkembangan jaringan tubuh remaja laki-laki dan remaja perempuan. Selain itu, juga akan berpengaruh pada pertumbuhan remaja untuk seterusnya menuju tahap dewasa.

3. Perkembangan Seksual

Hal-hal yang menandai perkembangan seksual pada remaja perempuan adalah terjadinya menstruasi selama beberapa hari di setiap bulannya. Serta ditandai dengan bertumbuhnya payudara, serta tumbuhnya rambut-rambut di area ketiak dan alat vital.

Sementara pada remaja laki-laki, hal-hal yang menandai terjadinya perkembangan seksual. Seperti mengalami mimpi basah, bertumbuhnya jakun, bertumbuhnya kumis, tumbuhnya rambut-rambut di bagian ketiak dan alat vital, serta membesarnya pita suara.

4. Perubahan Fisiologis

Beberapa perubahan fisiologis pada anak usia remaja yaitu adanya peningkatan tekanan darah sistolik, penurunan denyut nadi dan temperatur basal. Serta adanya peningkatan volume pernapasan, pernapasan maksimum, dan kapasitas vital.

Tipe-Tipe Tubuh Manusia

Setelah mengetahui perubahan perkembangan fisik remaja, maka penting untuk mengetahui tipe-tipe tubuh manusia. Berikut merupakan 3 tipe tubuh manusia dengan ciri-cirinya masing-masing sesuai dengan yang tertera dalam modul-modul pembelajaran PJOK:

  • Tipe tubuh mesomorph. Manusia bertipe tubuh mesomorph mempunyai metabolisme tinggi, bertenaga kuat, dan berenergi tinggi sehingga mudah membentuk massa otot. Tubuh mesomorph pun akan kuat berolahraga lama karena stamina yang dimilikinya cukup tinggi.
  • Tipe tubuh ectomorph. Merupakan tipe tubuh yang membuat manusia sulit untuk menaikkan berat badannya. Tubuh dengan tipe ectomorph ini ditandai dengan tubuh yang cenderung kurus karena hanya memiliki kandungan lemak tubuh yang sedikit. Manusia dengan tipe tubuh ini cenderung kurang bertenaga ketika berolahraga, serta memiliki metabolisme yang tinggi
  • Tipe tubuh endomorph. Tubuh manusia dengan tipe endomorph mempunyai ciri-ciri metabolisme tubuh rendah sehingga mudah terjadinya penumpukan lemak. Untuk itu, tipe endomorph cenderung mudah menaikkan berat badan dan kesulitan untuk menurunkan berat badannya.

Demikian pembahasan mengenai perubahan perkembangan fisik remaja menurut Mustika Pustaka Negeri, lengkap beserta tipe-tipe tubuh manusia. Hal ini penting untuk diketahui, agar upaya pendampingan remaja dapat dilakukan dengan baik dan benar.

 

You may also like