Home Tech Penggunaan Rumus IF pada Excel yang Perlu Diketahui

Penggunaan Rumus IF pada Excel yang Perlu Diketahui

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Penggunaan Rumus IF pada Excel Yang Perlu Diketahui (educba.com)

Terdapat beragam jenis rumus Excel yang dapat anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan anda. Salah satunya adalah rumus IF yang merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical. Rumus ini sangat umum digunakan dalam melakukan uji logika tertentu pada rumus Microsoft Excel. Lalu bagaimanakah penggunaan rumus IF pada Excel tersebut?

Penggunaan Rumus IF pada Excel

Bagi anda para pekerja kantoran, maka sudah tidak asing dengan istilah Microsoft Excel. Sebagian besar karyawan kantor akan menggunakan program Microsoft Excel untuk mengolah berbagai jenis data dalam bentuk angka. Pada dasarnya, fungsi Excel ialah sebagai pengolah data yang isinya didominasi dengan angka.

Salah satu rumus yang terdapat dalam Microsoft Excel adalah rumus Ecxel IF. Dengan menggunakan rumus ini akan menghasilkan nilai tertentu apabila kondisi yang anda tentukan untuk dievaluasi terpenuhi atau TRUE. Selain itu, rumus ini akan menghasilkan nilai lain jika uji logika atau tidak terpenuhi atau FALSE.

Dengan kata lain, rumus IF Excel akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu yang selanjutnya menghasilkan nilai FALSE atau TRUE. Nilai TRUE ialah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi. Lalu nilai FALSE ialah nilai kondisi yang tidak terpenuhi.

Jenis Penggunaan Rumus IF pada Excel

Rumus IF Excel memiliki kesamaan konsep dengan matematika, yakni mengenai logika. Berikut ini beberapa jenis rumus IF Excel yang perlu anda ketahui, antara lain:

Rumus IF Tunggal

Dalam rumus IF Tunggal pada umumnya digunakan untuk menentukan 1 dan 2 persyaratan. IF Tunggal digunakan untuk menentukan suatu nilai apakah memenuhi atau tidak.

Sebagai contoh terdapat sebuah nilai yang telah diketahui serta anda ingin nilai tersebut memenuhi syarat. Atau kondisi yang anda tentukan, maka anda cukup menggunakan sebuah rumus Excel IF untuk mengetahuinya.

Rumus tersebut adalah: =IF(value_test;value_true;value_false)

Penggunaan IF Ganda / Majemuk

IF Majemuk ialah sebuah IF yang bisa anda gunakan untuk menguji suatu nilai yang memerlukan banyak syarat atau tahap. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakan nilai tersebut memenuhi syarat atau tidak. Jenis rumus ini dapat digabungkan ke dalam fungsi IF lainnya.

Rumus IF Ganda hanya dapat diterapkan ke dalam dua parameter. Apabila parameternya merupakan kondisi yang terpenuhi atau tidak terpenuhi, maka rumus IF Ganda atau Majemuk dapat digunakan. Jika terdapat dua syarat, maka anda dapat menggunakan rumus ini.

Penggunaan IF dengan Aritmatika

Penggunaan rumus IF pada Excel selanjutnya adalah penggunaan IF dengan Aritmatika. Dalam rumus ini IF memerlukan data atau nilai yang telah diolah dengan tujuan agar dapat ditentukan apakah nilai yang sudah diolah tersebut memenuhi atau tidak. Untuk melakukan rumus ini, pada umumnya memerlukan adanya 3 hingga 4 cell.

Rumus IF Bertingkat

Prinsip rumus IF satu ini hampir sama dengan rumus IF Majemuk. Akan tetapi, dalam rumus ini dapat menyematkan jenis rumus lain di masing-masing tingkat. Tentu rumus ini lebih rumit.

Bentuk rumus tersebut adalah =IF(logical_test1,[value_if_true],logical_test2,[value2_if_true],…[logical_testN],[valueN_if_true],[valueN_if_false])

Catatan Dalam Menggunakan Fungsi IF

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan fungsi IF pada suatu rumus Excel. Misalnya saja, jika anda memakai Excel 2010 ataupun pada versi Excel yang lebih baru, maka fungsi IF ini digunakan hingga 64 tingkat atau cabang.

Untuk ditumpuk sebagai argumen kondisi tidak terpenuhi serta kondisi terpenuhi ketika menyusun uji logika lanjutan lain yang lebih terperinci. Namun apabila anda menggunakan Microsoft Excel 2007 atau versi yang lebih lama, maka penggunaan rumus IF pada Excel yang digunakan adalah 7 tingkat atau cabang saja.

 

You may also like