Home Travel Story Pemandian Cipanas Banjarsari Ciamis, Wisata Asri dan Menyembuhkan

Pemandian Cipanas Banjarsari Ciamis, Wisata Asri dan Menyembuhkan

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
4. Pemandian Cipanas Banjarsari, Wisata Asri dan Menyembuhkan (travel.detik.com)

Pemandian Cipanas Banjarsari ini adalah sebuah lokasi wisata air panas yang terletak di Desa Cikupa, Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi yang direkomendasikan bagi anda yang menginginkan untuk berwisata alam di Jawa Barat.

Selain sebagai destinasi wisata pemandangan, objek wisata ini dipercaya sebagai destinasi yang mampu menyembuhkan dengan air panas yang terdapat di dalamnya.

Pemandian Cipanas Banjarsari Ciamis

Melansir dari Harapan Rakyat, objek wisata yang ada di Jawa Barat ini menyajikan sebuah pemandangan yang sangat eksotik dan menarik. Sedangkan salah satu yang mampu menarik wisatawan adalah pemandian air panas yang ada di dalam objek wisata ini.

Lokasi pemandian ini tepat di dalam objek wisata di Banjarsari tersebut. Ini membuktikan jika selain sebagai tempat mandi atau berendam, objek wisata ini dipercaya dapat dipakai dalam pengobatan.

Masyarakat sekitarnya pun mempercayai hal tersebut jika kolam air panas bertuah dan menyembuhkan. Penyakit yang dapat disembuhkan adalah yang berhubungan dengan masalah kulit. Kolam air panas ini adalah sebuah kolam alam dan bukan merupakan kolam buatan.

Disamping untuk mengobati masalah kulit, kolam pemandian air panas ini pun dapat mengobati beberapa penyakit, seperti encok, rheumatic, dan juga badan yang lemah.

Berendam dan Terapi dengan Air Panas Alami

Para wisatawan tentu sudah mendengar apa yang menjadi keunggulan dari objek wisata yang satu ini. Objek wisata pemandian Cipanas Banjarsari ini adalah tempat pemandian atau berendam dengan air panas alami.

Bukan hanya sekedar mitos, air tersebut mampu mengobati beberapa masalah atau penyakit. Oleh karena itu, para wisatawan pun berbondong-bondong untuk mendatangi objek wisata Ciamis tersebut.

Sehingga, semenjak dibuka, wisata air panas di Banjarsari sangat ramai pengunjung. Bahkan, kuantitasnya makin hari makin bertambah.

Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh pemberitaan media sosial atau dari mulut ke mulut dari pengunjung. Pengobatan dalam pemandian Cipanas Banjarsari ini pun sudah dikenal untuk menyembuhkan penyakit sejak zaman Romawi.

Dengan berendam, tubuh akan menjadi lebih rileks. Sehingga, aliran darah dalam tubuh akan kembali lancar dan menyebabkan tubuh menjadi sehat.

Hal itu merupakan salah satu keuntungan yang akan didapat jika mengunjungi objek wisata air panas Banjarsari Ciamis ini selain menikmati pemandangan yang asri.

Fasilitas Wisata Cipanas Banjarsari

Perlu untuk anda ketahui, kolam pemandian Cipanas Banjarsari di Ciamis, Jawa Barat tersebut juga masih dikelola oleh pemerintah setempat. Selain dapat menikmati berendam air panas, terdapat sensasi lain yang akan dirasakan oleh wisatawan.

Sensasi tersebut adalah menikmati pemandangan sekitar Desa Banjarsari yang sangat indah. Lokasi tersebut memang berada di kaki gunung dan juga dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas.

Dengan adanya pemandangan seperti itu, tentu para pengunjung akan merasakan fresh dan juga rileks. Sehingga, juga dapat terbebas dari rasa penat dan bosan akibat suasana kota yang padat oleh lalu lalang kendaraan.

Karena, di wisata air panas Banjarsari ini, pengunjung akan merasakan nuansa pedesaan yang penuh dengan kicauan burung dan suara aliran sungai yang menyejukkan mata dan pikiran.

Rencana Pembangunan Pemerintah Ciamis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika wisata Pemandian Cipanas Banjarsari ini sedang dikelola oleh pemerintah setempat. Karena, lokasi wisata air panas ini sangat unik. Sumber air panas ini bukan keluar dari lereng Gunung Merapi.

Akan tetapi, air panas tersebut keluar dari sela-sela bebatuan yang bukan berasal dari Merapi. Air yang dihasilkan adalah air yang jernih dan juga tak memiliki bau belerang seperti kebanyakan air panas yang lain.

Dengan potensi yang sangat unik ini pun menjadikan pemerintah setempat akan membangun dengan baik lokasi wisata tersebut.

Mereka (pemerintah desa) mengatakan jika hanya tinggal melakukan pemolesan sehingga akan menciptakan sebuah daya tarik yang sangat bagus untuk perkembangan daerah.

Bahkan, mereka juga berujar jika akan membangun tempat peristirahatan seperti hotel. Hal ini mereka lakukan untuk menjadikan para wisatawan yang berkunjung dapat beristirahat dengan nyaman sesudah dan sebelum melakukan ritual berendam di wisata Pemandian Cipanas Banjarsari.

You may also like