Home Business Mudah, Begini Tata Cara Mengurus SLF Bangunan Gedung

Mudah, Begini Tata Cara Mengurus SLF Bangunan Gedung

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Mudah, Begini Tata Cara Mengurus SLF Bangunan Gedung

Mudah, Begini Tata Cara Mengurus SLF Bangunan Gedung

Sebagai pemilik atau pengembang bangunan gedung, maka sudah semestinya Anda mengurus Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dari bangunan gedung tersebut. Hal ini karena SLF menjadi salah satu bukti bahwa bangunan gedung tersebut dapat beroperasi secara legal. Tak usah khawatir, mengurus SLF sebenarnya tak sesulit yang Anda pikirkan. Untuk lebih jelas mengani tata cara mengurus SLF, mari langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tata Cara Mengurus SLF Untuk Bangunan Gedung

Mungkin bagi Anda yang baru akan sedikit mengalami kesulit dalam mengurus permohonan SLF bangunan gedung. Perlu Anda ketahui, asal Anda tahu tata cara dan dapat memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, tentunya membuat SLF akan sangat mudah. Berikut tata cara mengurus SLF bangunan gedung.

  1. SLF dapat diajukan setelah proses pembangunan gedung telah selesai. untuk persyaratan pengajuan SLF adalah sebagai berikut :
  • Berita Acara Telah selesai pelaksanaan bangunan gedung sesuai dengan IMB
  • Laporan Direksi Pengawas Lengkap, terdiri dari
  • Fotokopi Surat Penunjukan Pemborongan dan Direksi Pengawas berserta Koordinasi Direksi Pengawasnya
  • Fotokopi TDR/SIUJK Pemborong dan Surat Izin Bekerja/ SIPTB Direksi Pengawas
  • Laporan lengkap dari Direksi Pengawas yang sesuai tahapan kegiatan
  • Surat Pernyataan Koordinasi Direksi Pengawas bahwa bangunan telah selesai dibangun dan sesuai dengan IMB.
  • Fotokopi IMB lengkap yang terdiri dari :
  • Fotokopi Surat Keputusan IMB
  • Keterangan dan Peta Rencana Kota
  • Gambar Arsitektur.
  • Bangunan tinggi harus dilengkapi Berita Acara Instansi terkait tentang hasil uji coba instalasi, yang meliputi
  • Instalasi Listrik Arus Kuat dan Pembangkit Listrik Cadangan
  • Instalasi Kebakaran
  • Instalasi Transportasi Dalam Gedung
  • Instalasi Air Bersih dan Buangan Air Kotor, dan sebagainya.
  • Foto yang harus dilengkapi
  • Foto bangunan
  • Foto alat untuk memperkuat keamanan bangunan
  • Foto Sumur Resapan Air Hujan (SRAH).
  1. Berkas yang sudah Anda siapkan tersebut selanjutnya diajukan ke Suku Dinas Perizinan Bangunan Wilayah Kota Administrasi setempat.
  2. Setelah lengkap berkas akan dikirim ke Suku Dinas Pengawasan dan Penerbitan Bangunan untuk pemeriksaan lapangan dan untuk membuat laporan beserta rekomendasi kepada SUku Dinas Perizinan Bangunan untuk penerbitan SLF.
  3. Proses penerbitan SLF.
  4. Setalah SLF diterbitkan, nantinya akan dikirim pemberitahuan kepada pemilik bangunan gedung untuk mengambil SLF.
  5. Pemilik atau dapat digantikan kuasanya dapat mengambil SLF pada loket Pelayanan Suku Dinas Perizinan Kota Administrasi setempat.

Itulah enam tata cara atau alur dalam membuat SLF. Bagi Anda yang mungkin masih bingung dalam membuat SLF, maka Anda bisa saja menggunakan jasa pengursan SLF. Perusahaan yang bergerak dalam jasa tersebut pastinya akan siap membantu Anda dalam mengurus SLF bangunan gedung Anda.

You may also like