Home Health Mari Kenali Efek Samping Terapi Infra Merah pada Bayi dan Ibu Hamil

Mari Kenali Efek Samping Terapi Infra Merah pada Bayi dan Ibu Hamil

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Mari Kenali Efek Samping Terapi Infra Merah pada Bayi dan Ibu Hamil

Semakin ke sini memang semakin banyak ibu hamil yang mencoba perawatan secara khusus seperti infra merah yang memberikan banyak manfaat. Namun sayangnya, masih banyak pula yang tidak mengenali beberapa efek samping terapi infra merah yang ada dan seringkali malah diabaikan. Padahal beberapa di antaranya sangat berpengaruh pada kehidupan yang selanjutnya.

Secara garis besar, perawatan yang memanfaatkan bantuan dari sinar infra merah memang dikenal sebagai jenis perawatan yang menguntungkan dan menarik. Bahkan melalui jenis perawatan seperti ini, para ibu hamil maupun bayi bisa menikmati kondisi jantung yang lebih sehat atau lainnya. Sementara itu, ada juga beberapa efek samping perawatannya seperti ini:

1. Kerusakan Retina Mata

Jangan sampai dilewatkan untuk dikenali sejak awal, jenis perawatan yang seringkali dicoba oleh ibu hamil ini ternyata menyebabkan kerusakan khusus. Kali ini, setiap ibu yang hamil dan anak yang dilahirkan bisa saja mendapatkan efek samping berupa kerusakan pada retina mata. Bahkan bisa terlihat kabut putih yang menutupi retina pada mata.

2. Kulit yang Terbakar

Kemudian ada juga jenis efek samping yang lainnya yang ditimbulkan ketika menggunakan sinar infra merah bahkan jika dilakukan dengan berturut-turut. Secara sederhana, jenis perawatan yang memanfaatkan bantuan dari sinar infra merah bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar dalam waktu yang lama. Bahkan jika dibiarkan begitu saja, kulit bisa menjadi melepuh nantinya.

3. Ditemukan Gejala Nyeri

Banyak yang masih tidak tahu sejak awal dan tetap mencoba perawatannya secara langsung, infra merah bisa memberikan rasa nyeri tertentu. Bahkan bisa dikatakan pula jika gejala nyeri ini tidak hanya ditemukan di bagian punggung saja namun juga pinggang dan kepala.

4. Memicu Penuaan Dini

Sementara itu, untuk efek samping yang berikutnya ini secara sederhana akan lebih terlihat pada ibu bahkan selama beberapa tahun nantinya. Terapi menggunakan bantuan dari sinar infra merah memang bisa memberikan banyak manfaat namun juga bisa memicu adanya proses penuaan dini. Belum lagi dengan beberapa kondisi organ dalam yang merasakan dampaknya.

5. Bisa Menimbulkan Kanker

Salah satu efek samping dari perawatan yang menggunakan bantuan infra merah lainnya adalah bisa memunculkan kanker bahkan dalam usia dini. Sebaiknya sejak awal, para ibu hamil yang berencana untuk mencoba perawatannya melakukan konsultasi secara khusus sehingga efek sampingnya bisa diatasi. Selain itu, jangan lupa mengutamakan kondisi kesehatan dari sang bayi.

Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa efek samping yang ternyata dimiliki oleh perawatan dengan infra merah di atas bisa dikenali dahulu. Apalagi ternyata masih banyak yang kurang tahu tentang beberapa efek samping yang ada selain manfaat yang ditawarkan oleh perawatan ini.

Sementara itu, untuk meningkatkan kesehatan dari bayi tersayang, setiap Ibu juga perlu memberikan asupan nutrisi susu dengan botol yang berkualitas. Bahkan ada botol susu bayi baru lahir yang dikeluarkan oleh merek Dr.Brown’s dari bahan terbaik dan cocok untuk mengatasi kolik.

You may also like