Home Review Manfaat SWRO untuk Industri Offshore

Manfaat SWRO untuk Industri Offshore

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Manfaat SWRO untuk Industri Offshore

Air laut mempunyai kandungan garam yang tinggi. Dengan adanya teknologi seawater reverse osmosis kini dapat mengubah air laut menjadi air tawar. Teknologi yang satu ini membantu manusia sebagai salah satu solusi untuk bisa bertahan di tengah krisis air bersih dengan mengandalkan air laut.

Teknologi SWRO ini akan mengubah air laut menjadi air tawar dengan metode desalinasi yaitu dengan mengurangi kadar garam berlebih yang ada pada air. Mesin SWRO akan memfilter air laut dengan menggunakan membran semi-permeable untuk memisahkan kandungan garam dan klorida yang ada pada air. Dengan demikian air yang dihasilkan nantinya dapat dikonsumsi dan digunakan dengan aman.

Mengapa Menggunakan SWRO?

Meskipun permukaan bumi sebagian besar adalah air, namun kuantitas air tawar hanya sebagian kecil. Sedangkan 96 persen dari air adalah air dengan kandungan garam yang berasal dari Samudra. Munculnya teknologi SWRO tentunya menjadi angin segar untuk mengatasi kebutuhan akan air bersih terutama bagi masyarakat atau industri yang berada di sekitar laut.

SWRO banyak digunakan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan air untuk konsumsi rumah tangga maupun untuk kebutuhan industri offshore. Diketahui bahwa industri offshore terletak di tengah lautan sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka dapat mengandalkan mesin SWRO ini. Di Indonesia sendiri SWRO telah banyak digunakan sejak satu dekade terakhir.

Manfaat SWRO untuk Industri Offshore

Sebagai industri yang beroperasi di tengah hamparan air laut, tentunya sulit mendapatkan air bersih. Karena yang ada di sekitar hanyalah air dengan kadar garam yang tinggi. Namun dengan menggunakan mesin SWRO, tidak perlu risau lagi mengenai kebutuhan akan air bersih untuk industri. Berikut ini manfaat yang diperoleh oleh industri Offshore yang menggunakan SWRO:

1. Menghasilkan Air yang Layak Konsumsi

Dengan menggunakan mesin SWRO kebutuhan akan air bersih dapat terpenuhi. Air yang dihasilkan oleh mesin SWRO ini sudah memenuhi syarat kelayakan air yang bisa dikonsumsi sesuai dengan peraturan Kemenkes. Oleh karena itu hasil air dari proses penyaringan SWRO dapat dikonsumsi dengan aman bahkan tanpa perlu dimasak lagi.

2. Menghasilkan Air untuk Kebutuhan Lavatory

Kebutuhan lain di industri offshore adalah kebutuhan lavatory, seperti untuk keperluan mandi dan flush toilet. Meskipun air yang dihasilkan mesin SWRO ini aman untuk dikonsumsi, namun rasanya tentu berbeda dengan air tawar pada umumnya. Oleh karena itu air hasil SWRO ini digunakan untuk kebutuhan lain seperti digunakan untuk kebutuhan lavatory ini.

3. Menghasilkan Air untuk Kebutuhan Housekeeping dan Industri Lainnya

Volume air laut yang tidak terbatas menjadi salah satu alasan mengapa SWRO banyak digunakan oleh industri offshore. Dengan mesin SWRO, industri offshore dapat langsung menyedot air dari laut yang ada di sekitarnya. Sehingga dengan metode desalinasi dari mesin SWRO kebutuhan air bersih akan tetap terpenuhi.

Dengan demikian metode SWRO sangat membantu sebagai solusi untuk mendapatkan air bersih terutama bagi industri offshore yang memang berada di tengah laut. Manfaat lain yang didapatkan dari mesin SWRO adalah dapat digunakan untuk kebutuhan di industri karena memang air ini aman digunakan. Selain itu dapat digunakan juga untuk keperluan housekeeping dan mencuci peralatan makan.

Itu tadi beberapa kelebihan dari mesin SWRO dan manfaatnya bagi industri offshore yang beroperasi di tengah laut. Air laut yang berlimpah menjadi salah satu alasan mengapa metode SWRO ini digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi industri ini. Selain itu air yang dihasilkan juga aman untuk digunakan bahkan bisa dikonsumsi langsung.

You may also like