Home Entertainment Listen Without Prejudice

Listen Without Prejudice

by Azkhan Fawwaz Alfarizi

ONE SWEET DAY – Mariah Carey & Boyz II Men

Jangan tertipu judulnya. Lagu ini bukan bercerita tentang sebuah hari yang indah dunia, tetapi satu hari yang indah di akhirat nanti. Terdengar ‘horor’, ya? Paling tidak ini ditunjukkan lewat lirik “I’ll be with you that sweet day” . Lagu ini ditulis Carey terinspirasi dari kematian David Cole, sahabatnya sekaligus produser dari grup dance C+C Music Factory. Lagu ini juga pernah dimainkan saat upacara pemakaman mendiang Lady Di tahun 1997 lalu. Jadi salah banget kalau lagu ini dinyanyikan untuk acara resepsi pernikahan!

 

EVERY BREATH YOU TAKE – The Police

Walau lirik “Every breath you take/every move you make/every bond you make/ every step you take, I’ll be watching you” terdengar romantis, tetapi jangan mau jika dirayu dengan lagu ini. Sting memang mengakui jika lagu ini memang lagu cinta. Tetapi dalam sudut pandang yang sinis dan liar. Ditulis saat pernikahannya di ambang perceraian, sehingga lagu ini lebih kental arome kecemburuan dan obsesi terhadap kekasihnya yang pergi. Jadi terjawab sudah kenapa lirik lagu ini sangat terasa nuansa ‘stalker’nya?

 

BOHEMIAN RHAPSODY – Queen

Hanya karena vokalisnya meninggal karena AIDS, maka banyak yang mengira bahwa lagu ini pun menceritakan tentang penyakit tersebut. Apalagi liriknya berkisah tentang seorang pria yang membunuh seseorang hingga diinterpretasikan Freddie Mercury yang sedang putus asa dengan penyakitnya. Bahkan konon personel Queen lainnya pun tidak ada yang tahu makna sesungguhnya dari lagu ini, selain Mercury pernah menjelaskan bahwa lirik lagu ini adalah ‘random rhyming nonsense’ yang kebetulan saja pas saja dengan melodinya. Apalagi AIDS sendiri baru mulai dikenal luas beberapa tahun setelah lagu ini selesai dibuat.

 

TIME OF YOU LIFE (GOOD RIDDANCE) – Green Day

Tahun 1997 lalu, lagu ini sering dimainkan di pesta pernikahan, pesta perpisahan sekolah hingga acara wisuda. Sehingga banyak yang mengira lagu ini tentang doa dan perasaan bahagia karena telah berhasil mencapai titik tertentu dalam hidup. Seperti yang tertulis di liriknya, “It’s something unpredictable but in the end is right/ I hope you had the time of your life”. Nyatanya, Billie Jo Amstrong menulis lagu ini sebagai ungkapan patah hati dan kemarahannya karena ditinggal kekasihnya ke Ecuador. Lagu ini adalah lagu sindiran. Sindiran yang manis.

 

BORN IN THE USA – Bruce Springsteen

Sesuai judul dan gambar cover single-nya, nuansa patriotisme dan cinta tanah air sangat terasa sehingga banyak orang mengira memang demikianlah isi lagunya. Padahal jika diperhatikan, lagu ini justru menohok Amerika tentang perang Vietnam. Springsteen menyindir pihak pemerintah yang memerlakukan para veteran perang dengan tidak layak. Gawatnya lagi, presiden Ronald Reagan meminta lagu ini untuk dijadikan lagu untuk kampanyenya di tahun 1984. Keputusan yang akhirnya banyak dicemooh karena dianggap salah kaprah.

You may also like