Home Dating Kunci Hubungan Yang Langgeng? Bertengkarlah!

Kunci Hubungan Yang Langgeng? Bertengkarlah!

by Azkhan Fawwaz Alfarizi

Kami tahu Anda tergoda membaca artikel ini karena judul diatas. Tetapi memang ternyata demikianlah hal yang dikatakan oleh Bonnie Eaker Well, Ph.D, konsultan perkawinan yang berdomisili di New York dan pernah menulis buku Financial Fidelity. Menurutnya, pasangan yang tidak pernah bertengkar, biasanya lebih berpotensi hubungannya berantakan.

Coba luangkan waktu setiap minggu untuk bertengkar dan mengeluarkan frustrasi Anda. Katakan sejujur-jujurnya, apa hal yang mungkin tidak Anda sukai dari pasangan Anda. Biasanya seseorang akan memerlihatkan sifat aslinya disaat mereka sedang marah. Dari sinilah Anda bisa belajar untuk saling memahami dan mencoba belajar menjadi semakin dewasa dalam menghadapi sebuah perbedaan.

Serupa dengan Bonnie, Jane Geer, Ph.D yang menulis “What About Me? Stop Selfishness From Ruining Your Relationship” juga menganggap beradu argumen baik untuk ikatan hubungan para pasangan. Menurutnya, bertengkar itu baik dan produktif karena dapat membersihkan emosi dan frustrasi, kebencian, rasa marah yang dapat menyebabkan tindakan yang menjadi penyebab timbulnya konflik. Namn tentu saja perdebatan harus dilakukan dengan konstruktif. Artinya, tidak menyebut nama ataupun menyerang.

Setelah semuanya keluar, coba lakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak energi seperi berolahraga bersama atau seks jika Anda telah menikah. Aktivitas-aktivitas ini memproduksi endorphins dan menyatukan kembali pasangan. Jika Anda sukses memraktekkan hal ini, kelak Anda bisa melakukan hal yang dilakukan banyak pasangan selebriti kita saat ditanya wartawan infotainment soal rahasia kelanggengan rumah tangganya : “Ah, pertengkarn itu kan bisa dalam sebuah hubungan. Justru nggak seru kalo nggak pernah berantem, kan?”

You may also like