Home Business Ketahui Definisi dan Cara Kerja Marketplace NFT Disini!

Ketahui Definisi dan Cara Kerja Marketplace NFT Disini!

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Cara Kerja Marketplace NFT

Non-Fungible Token (NFT) belakangan ini sedang hangat diperbincangkan, bahkan kini banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan menjual aset digital di marketplace NFT.  Lantas, bagaimana cara kerjanya?

 

Saat ini sejumlah pihak mulai banyak menggunakan NFT untuk berinvestasi dalam bentuk digital berupa barang koleksi ataupun seni yang bernilai, dengan harapan bahwa NFT yang dijual atau dibeli akan mendapatkan keuntungan.

 

Namun, sebelum terjun ke dunia kripto khususnya menggunakan NFT, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang wadah untuk menjual dan membeli NFT atau yang dikenal dengan NFT marketplace. Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

 

Apa itu NFT Marketplace?

 

Marketplace NFT adalah tempat untuk menjual atau membeli berbagai aset digital NFT, segala bentuk transaksinya dilakukan secara online sehingga memungkinkan kolektor menunjukan kepemilikan aset dalam bentuk digital maupun fisik.

 

Ada banyak NFT marketplace yang bisa kamu kunjungi untuk menjual atau membeli aset digital, kemudian bisa dijadikan koleksi sebagai bentuk investasi, terpenting harus bisa menilai barang yang dibeli apakah bisa menghasilkan.

 

Lalu, bagaimana cara kerja NFT marketplace? Bagi kamu yang masih bingung dan ingin mengetahui cara kerjanya, mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

Cara Kerja NFT Marketplace

 

Pada dasarnya cara kerja NFT marketplace layaknya situs jual beli online, hanya saja berfokus pada produk NFT seperti karya seni, audio file, dan foto yang diubah menjadi sertifikat digital yang bisa terverifikasi melalui blockchain.

 

NFT itu sendiri merupakan bagian dari teknologi blockchain, sistem penyimpanan data digital sehingga memungkinkan pengguna melakukan transaksi secara rahasia, terenkripsi dalam kriptografi sehingga tidak mudah dilacak.

 

Contoh NFT Marketplace

 

Dibawah ini ada beberapa contoh marketplace NFT sebagai tempat untuk jual beli aset digital yang bisa ditemukan dengan mudah di internet, kamu cukup kunjungi situsnya dan melakukan pendaftaran. Berikut contoh situs NTF marketplace.

 

1. OpenSea

 

OpenSea merupakan NFT marketplace terbesar di dunia dengan basis blockchain Ethereum, wadah jual beli NFT tipe universal ini memiliki alat mining sehingga bisa membantu membuat konten dan mengembangkan item yang dibuat.

 

2. Rarible

 

Rarible merupakan NFT marketplace dengan jaringan Ethereum yang menampilkan berbagai NFT mulai dari art hingga game. Selain itu, pembeli juga bisa mengoleksi item pada segmen Top Seller, Top Collection, Live Auctions dan Hot Bids.

 

3. SuperRare

 

SuperRare merupakan NTF marketplace yang bekerjasama dengan seniman terkemuka untuk menghasilkan koleksi digital yang diamankan kriptografi dalam blockchain, platform ini juga sering menampilkan pameran digital.

 

Cara Transaksi di NFT Marketplace

 

Mengingat cara transaksinya berbeda dengan tempat jual beli biasa, maka sebelum melakukan transaksi di marketplace NTF ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Adapun persiapan transaksinya sebagai berikut:

 

1. Akun Pengguna

 

Sebelum menggunakan NFT marketplace untuk jual beli aset digital, pengguna harus memiliki akun dengan mendaftar di platform NFT tersebut. Adapun besarnya biaya pendaftaran di setiap platform bervariasi.

 

2. Dompet Crypto

 

Pengguna harus menyiapkan dompet crypto untuk menyimpan koin, nantinya digunakan untuk bertransaksi NFT. Pada setiap marketplace sudah memiliki dompet crypto yang kompatibel dengan blockchain masing-masing.

 

3. Siapkan Koin

 

Ketika akan melakukan pendaftaran akun dan transaksi NFT, maka harus memiliki koin crypto. Koin dalam dompet crypto harus didukung oleh NFT marketplace yang akan digunakan untuk transaksi jual beli atau koleksi aset digital.

 

Dengan mengetahui pengertian dan contoh NFT marketplace diharapkan bisa menyiapkan apa yang dibutuhkan, serta memahami cara kerjanya. Tidak hanya sekedar ikut saja karena sedang tren namun harus punya persiapan matang.

 

 

 

You may also like