Home Tech Inilah Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis yang Sangat Mudah

Inilah Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis yang Sangat Mudah

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Inilah Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis yang Sangat Mudah

Bukan hanya GB WhatsApp, aplikasi WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis juga hadir dengan fitur untuk membalas chat secara otomatis. Kemampuan ini tentunya akan memberikan keuntungan terhadap aktivitas bisnis. Cara membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis juga sangat mudah. Dengan menjawab permintaan customer secara otomatis dapat membangun reputasi bisnis yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Fitur auto reply pada WhatsApp Bisnis menyediakan pelayanan selama 24 jam. Isi pesan otomatis juga bisa di atur oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Langkah ini juga bisa digunakan dalam proses penyusunan strategi untuk meningkatkan kualitas bisnis. Lantas, bagaimana cara membuat pesan otomatis tersebut? Simak Ulasannya!

Inilah Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis Mudah

Jika ingin membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis, aplikasi utama yang harus dimiliki pengguna adalah WhatsApp Bisnis atau WhatsApp Business itu sendiri. Pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu di perangkat elektronik masing-masing dan mendaftarkan nomor hp yang akan digunakan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah selanjutnya:

1. Mengatur Pesan Otomatis di Away Message

Setelah masuk pada halaman WhatsApp Bisnis, pilihlah menu Setting, Business Setting, dan Away Message. Selanjutnya, aktifkan opsi Send Away Message dengan klik Ok. Saat ini fitur pesan otomatis pada WA Bisnis sudah aktif di perangkat pengguna.

2. Mengedit Isi Pesan

Setelah mengaktifkan Send Away Message, kini pengguna harus mengubah isi pesan otomatis sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ketuk icon berbentuk pensil dan edit isinya. Pastikan isi pesan dapat menarik perhatian customer dan memberikan kesan positif dalam meningkatkan feedback.

3. Mengatur Jadwal Pengiriman Pesan

Jadwal untuk mengirim pesan otomatis bisa disesuaikan oleh pengguna. Caranya dengan memilih menu Schedule. Pengiriman pesan otomatis ini bisa dilakukan kapan saja dengan memilih opsi Always Send. Pengguna juga bisa mengatur sesuai waktu yang dikehendaki dengan memilih opsi Custom Schedule. Opsi Outside of Business Hour agar dapat mengirim pesan di luar waktu operasional.

4. Menyesuaikan Penerima Pesan

Pengguna WhatsApp Bisnis juga bisa mengatur dan menyesuaikan siapa saja yang bisa menerima pesan otomatis. Opsi Everyone bisa dipakai untuk membalas pesan kepada siapa saja yang chat. Selain itu, Everyone Not in Address Book kepada pengirim yang nomornya tidak tersimpan di kontak. Everyone Except untuk mengecualikan beberapa kontak dan Only Send to digunakan untuk pengirim tertentu.

Mengapa Harus Menggunakan Fitur Auto Reply WhatsApp Bisnis?

Setelah memahami cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis dengan mudah, perlu diketahui juga alasan pentingnya menggunakan fitur pesan otomatis tersebut. Operasional bisnis yang dijalankan akan terasa lebih efisien dan real time untuk mempercepat kebutuhan pelayanan. Inilah beberapa alasan agar pemilik bisnis memanfaatkan fitur membalas pesan otomatis:

  • Fitur Aman dan Mudah Digunakan

WhatsApp Business dilengkapi dengan keamanan end-to-end encryption. Hal ini tentu membuat semua pesan yang diterima dan keluar akan terjamin kerahasiaannya. Aktivitas obrolan seputar bisnis yang dilakukan oleh pemilik bisnis dan calon customer akan terekam dan keduanya dapat melihat isi obrolannya.

  • Sebagai Solusi Layanan Customer

Selain efisiensi waktu oleh pengguna, fitur membalas pesan otomatis juga menjadi kebutuhan pelayanan bagi calon customer. Fitur auto reply dapat memberikan respon kepada pelanggan secara cepat dan real time. Layanan yang cepat mampu menangani kebutuhan dan masalah customer dengan cepat pula.

Itulah ulasan mengenai cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat bermanfaat dan menjadikan bisnis semakin lancar. Informasi lain mengenai WhatsApp bisa dijumpai di suratkabar.id.

You may also like