• Mon. Jun 17th, 2024

Cara Mudah Menginstal Font Windows di Ubuntu

By

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang paling populer di dunia. Sistem operasi ini memiliki tampilan yang menarik dan penggunaan yang mudah. Namun, terkadang pengguna Ubuntu ingin menggunakan font Windows di sistem mereka untuk keperluan tertentu. Meskipun Ubuntu memiliki koleksi font yang kaya, tidak semua font Windows tersedia secara default. Jika Anda ingin menginstal font Windows di Ubuntu, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menginstal font Windows di Ubuntu dengan mudah.

Langkah-langkah

  1. Menyiapkan Font Windows

Langkah pertama dalam menginstal font Windows di Ubuntu adalah mempersiapkan file font Windows yang akan diinstal. Anda dapat mendapatkan file font Windows dari instalasi Windows Anda sendiri atau mengunduhnya dari situs web yang menyediakan font gratis. Pastikan Anda memiliki file font yang diinginkan dalam format TrueType (.ttf) atau OpenType (.otf).

  1. Memasukkan Font ke dalam Direktori Fonts

Setelah Anda memiliki file font Windows yang ingin diinstal, langkah berikutnya adalah memasukkan file tersebut ke dalam direktori Fonts di Ubuntu. Direktori Fonts berada di /usr/share/fonts. Anda harus memiliki hak administratif untuk mengakses dan mengubah direktori ini.

Pertama, buka terminal di Ubuntu. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan. Setelah terminal terbuka, ketik perintah berikut:

sudo cp /path/to/font/file.ttf /usr/share/fonts

Gantilah /path/to/font/file.ttf dengan lokasi sebenarnya dari file font Windows yang ingin Anda instal. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi pengguna untuk mengonfirmasi akses administratif. Setelah Anda memasukkan kata sandi, perintah akan menyalin file font ke direktori Fonts.

baca juga piala88

  1. Memperbarui Cache Font

Setelah file font telah disalin ke direktori Fonts, Anda perlu memperbarui cache font di Ubuntu agar sistem mengenali font baru yang telah diinstal. Untuk melakukan ini, kembali ke terminal dan ketik perintah berikut:

sudo fc-cache -f -v

Perintah di atas akan memperbarui cache font dengan paksa dan menampilkan output verifikasi di terminal. Setelah perintah selesai dieksekusi, cache font Anda akan diperbarui.

  1. Menggunakan Font Windows di Ubuntu

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat menggunakan font Windows yang baru diinstal di Ubuntu. Font akan tersedia di berbagai aplikasi, termasuk pengolah kata, editor teks, dan peramban web.

Misalnya, jika Anda ingin menggunakan font Windows yang baru diinstal di LibreOffice Writer, buka aplikasi tersebut dan pilih font baru dari daftar font yang tersedia. Anda akan melihat bahwa font Windows baru Anda sekarang dapat dipilih dan digunakan dalam dokumen Anda.

 

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi lain di Ubuntu. Cukup pilih font yang baru diinstal dari daftar font yang tersedia di aplikasi yang Anda gunakan, dan mulai menikmati tampilan baru dengan font Windows favorit Anda.

  1. Menghapus Font Windows

Jika suatu saat Anda ingin menghapus font Windows yang telah Anda instal di Ubuntu, langkah-langkahnya juga cukup mudah. Buka terminal dan ketik perintah berikut:

sudo rm /usr/share/fonts/file.ttf

Gantilah file.ttf dengan nama file font Windows yang ingin Anda hapus. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi pengguna untuk mengonfirmasi tindakan ini. Setelah perintah selesai dieksekusi, file font Windows akan dihapus dari direktori Fonts.

Setelah Anda menghapus file font, jangan lupa untuk memperbarui cache font dengan perintah sudo fc-cache -f -v seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Menginstal font Windows di Ubuntu sebenarnya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dengan memiliki font Windows di Ubuntu, Anda dapat meningkatkan pilihan font yang tersedia dan memberikan tampilan yang lebih variatif pada dokumen dan proyek desain Anda. Ingatlah untuk hanya menggunakan font yang Anda miliki lisensinya atau yang disediakan secara gratis agar mematuhi hak cipta dan ketentuan penggunaan font tersebut.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *