• Mon. Jun 17th, 2024

Cara Mudah Mengganti Tanggal dan Waktu di Windows 11

By

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menghadirkan berbagai fitur baru dan perubahan tampilan yang segar. Salah satu aspek yang tetap penting dalam penggunaan komputer adalah tanggal dan waktu yang tepat. Oleh karena itu, jika Anda baru menggunakan Windows 11 dan ingin tahu bagaimana cara mengganti tanggal dan waktu dengan mudah, artikel ini akan membantu Anda.

Tanggal dan waktu yang benar sangat penting dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti penjadwalan tugas, mengatur alarm, atau hanya untuk mengetahui waktu yang tepat. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengganti tanggal dan waktu di Windows 11.

  1. Buka Pengaturan

Pertama-tama, buka menu Start dengan mengklik ikon Windows di sudut kiri bawah layar atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda. Setelah itu, klik ikon “Pengaturan” yang berbentuk gear (roda gigi) untuk masuk ke menu pengaturan Windows 11.

  1. Pilih “Waktu & Bahasa”

Setelah Anda masuk ke menu pengaturan, cari dan klik opsi “Waktu & Bahasa” dari daftar opsi yang tersedia. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan yang berhubungan dengan tanggal dan waktu.

  1. Atur Tanggal & Waktu

Di halaman “Waktu & Bahasa,” Anda akan melihat berbagai pengaturan yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. Di bagian atas, Anda akan melihat opsi “Tanggal & waktu.” Klik pada opsi ini untuk melanjutkan.

  1. Nyalakan “Atur Tanggal & Waktu Otomatis” (Opsional)

Sebelum Anda mengganti tanggal dan waktu secara manual, pastikan bahwa opsi “Atur Tanggal & Waktu Otomatis” sudah diaktifkan. Dengan cara ini, Windows 11 akan secara otomatis menyesuaikan tanggal dan waktu dengan server waktu resmi. Ini sangat berguna untuk memastikan bahwa komputer Anda selalu memiliki tanggal dan waktu yang tepat.

  1. Matikan “Atur Tanggal & Waktu Otomatis” (Jika Perlu)

Jika Anda ingin mengganti tanggal dan waktu secara manual, matikan opsi “Atur Tanggal & Waktu Otomatis” dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi mati.

  1. Atur Tanggal dan Waktu Secara Manual

Setelah Anda mematikan opsi “Atur Tanggal & Waktu Otomatis,” Anda dapat mengatur tanggal dan waktu secara manual. Klik pada opsi “Ubah” di bawah “Tanggal & waktu” untuk membuka pengaturan manual.

  1. Atur Tanggal dan Waktu Sesuai Keinginan

Di jendela pengaturan manual, Anda dapat mengganti tanggal dan waktu sesuai keinginan Anda. Anda dapat mengklik pada tanggal atau waktu yang ingin Anda ubah, dan kemudian masukkan nilai yang baru. Jangan lupa untuk mengklik “Simpan” setelah Anda selesai mengatur tanggal dan waktu.

 

  1. Restart Komputer (Jika Diperlukan)

Setelah Anda mengganti tanggal dan waktu, ada baiknya untuk me-restart komputer Anda agar perubahan tersebut benar-benar berlaku. Ini akan memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi lainnya menggunakan tanggal dan waktu yang telah Anda atur.

Penutup

Mengganti tanggal dan waktu di Windows 11 sebenarnya cukup mudah. Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah sederhana melalui pengaturan sistem. Penting untuk memastikan bahwa tanggal dan waktu pada komputer Anda selalu tepat agar berbagai aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar. Jika Anda ingin tanggal dan waktu diatur secara otomatis, pastikan opsi “Atur Tanggal & Waktu Otomatis” diaktifkan. Jika Anda lebih suka mengatur secara manual, langkah-langkah di atas akan membantu Anda mengatur tanggal dan waktu dengan tepat sesuai keinginan Anda.***

dikutip dari nrtoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *