• Mon. May 27th, 2024

Cara Mudah Menampilkan Low Battery Notification di Windows 10

By

slot161 – Notifikasi baterai rendah adalah salah satu fitur yang seharusnya dimanfaatkan oleh setiap pengguna laptop atau perangkat bergerak dengan sistem operasi Windows 10. Fitur ini penting karena memberikan peringatan kepada pengguna ketika baterai perangkat mereka hampir habis. Hal ini berguna karena ketika baterai perangkat hampir habis, Anda perlu segera menyimpan pekerjaan Anda atau mencari sumber daya listrik untuk mengisi daya baterai agar perangkat tetap aktif.

Selain itu, fitur notifikasi baterai rendah juga membantu melindungi baterai Anda dari over-discharge, yang dapat merusak baterai dan mengurangi umur pakainya. Dengan menerima peringatan tepat waktu, Anda dapat menghindari penggunaan baterai sampai benar-benar habis, yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada baterai perangkat Anda.

Cara Mengaktifkan Notifikasi Baterai Rendah di Windows 10

Aktivasi notifikasi baterai rendah di Windows 10 adalah proses yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pengguna yang kurang berpengalaman sekalipun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan (Settings): Untuk membuka Pengaturan di Windows 10, Anda dapat menekan tombol Windows + I secara bersamaan atau klik pada ikon “Start” di sudut kiri bawah layar dan pilih opsi “Settings” (ikon gear).
  • Pilih Sistem (System): Setelah Anda membuka Pengaturan, cari dan klik opsi “System.”
  • Pilih Baterai (Battery): Di panel sebelah kiri, pilih opsi “Battery.”
  • Konfigurasi Notifikasi Baterai Rendah: Di bagian ini, Anda akan melihat opsi “Battery Saver.” Aktifkan tombol switch di bawahnya untuk mengaktifkan fitur Battery Saver. Dengan mengaktifkan Battery Saver, Anda juga akan mengaktifkan notifikasi baterai rendah.
  • Atur Pengaturan Battery Saver (Optional): Jika Anda ingin mengatur lebih lanjut kapan notifikasi baterai rendah muncul, Anda dapat mengklik opsi “Battery Saver settings.” Di sini, Anda dapat mengonfigurasi aturan kapan Battery Saver harus aktif dan apa yang harus dilakukan saat Battery Saver aktif.
  • Selesai: Setelah Anda mengaktifkan Battery Saver, notifikasi baterai rendah akan muncul secara otomatis ketika baterai perangkat Anda mencapai tingkat yang telah ditentukan sebagai baterai rendah.

Tips Tambahan untuk Mengelola Baterai di Windows 10

Selain mengaktifkan notifikasi baterai rendah, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengelola baterai perangkat Anda dengan lebih baik di Windows 10:

  1. Pilih Mode Daya yang Tepat: Windows 10 memiliki berbagai mode daya, seperti “Balanced,” “Power Saver,” dan “High Performance.” Pilih mode daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mode “Power Saver” akan membantu menghemat daya baterai, sementara mode “High Performance” akan memberikan kinerja terbaik.
  2. Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan: Tutup aplikasi atau program yang tidak Anda gunakan untuk mengurangi beban pada baterai perangkat Anda. Aplikasi yang berjalan dalam latar belakang dapat mempengaruhi daya baterai.
  3. Kurangi Kecerahan Layar: Mengurangi kecerahan layar dapat menghemat daya baterai secara signifikan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkan fitur “Adaptive Brightness” yang akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan.
  4. Aktifkan Mode Tablet (Untuk Perangkat Hybrid): Jika Anda menggunakan perangkat hybrid dengan layar sentuh, aktifkan mode tablet ketika perangkat Anda berfungsi sebagai tablet. Ini akan mengoptimalkan penggunaan daya baterai.
  5. Perbarui Driver Perangkat: Pastikan driver perangkat keras Anda selalu diperbarui. Driver yang tidak terbaru dapat mengakibatkan konsumsi daya yang lebih tinggi.
  6. Matikan Wi-Fi atau Bluetooth Saat Tidak Digunakan: Wi-Fi dan Bluetooth yang tetap aktif dapat menguras daya baterai. Matikan koneksi ini jika Anda tidak menggunakannya.
  7. Periksa Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang: Periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan hentikan yang tidak diperlukan. Banyak aplikasi berjalan secara otomatis saat Anda menyalakan komputer.
  8. Gunakan Battery Report: Windows 10 memiliki fitur Battery Report yang dapat memberikan informasi terperinci tentang penggunaan daya baterai Anda. Anda dapat mengaksesnya dengan membuka Command Prompt sebagai Administrator dan mengetikkan perintah “powercfg /batteryreport.”

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan mengaktifkan notifikasi baterai rendah, Anda dapat mengelola baterai perangkat Windows 10 Anda dengan lebih efisien. Ini akan membantu Anda menjaga daya tahan baterai perangkat Anda dan menghindari situasi di mana baterai perangkat Anda habis ketika Anda sedang dalam perjalanan atau sedang bekerja.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah sederhana untuk mengaktifkan notifikasi baterai rendah di Windows 10. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima notifikasi yang jelas dan berguna ketika baterai perangkat Anda hampir habis. Namun, fitur ini juga dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi Anda untuk memenuhi kebutuhan penggunaan perangkat Anda.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *