• Mon. May 27th, 2024

Cara Menghilangkan Halaman Web dari Indeks Google Search Console

By

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna bagi pemilik situs web untuk memantau dan mengelola kinerja situs mereka di mesin pencari Google. Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu menghilangkan halaman web tertentu dari hasil pencarian Google, entah itu karena konten yang sudah tidak relevan atau karena alasan lain. Artikel ini akan membahas langkah-langkah tentang bagaimana cara menghilangkan halaman web dari indeks Google menggunakan Google Search Console. dikutip dari startogel

Langkah 1: Akses Google Search Console

 

Langkah pertama adalah masuk ke akun Google Search Console Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu mendaftarkan situs web Anda dan memverifikasinya terlebih dahulu. Setelah itu, akses dashboard Google Search Console.

Langkah 2: Pilih Property (Situs Web) yang Tepat

 

Pada dashboard, pilih property atau situs web yang ingin Anda atur pengindeksannya. Ini sangat penting jika Anda memiliki beberapa situs web yang terdaftar di Google Search Console.

Langkah 3: Masuk ke Pengaturan Pengindeksan

 

Di panel sebelah kiri, cari dan klik pada opsi “Pengaturan Pengindeksan” atau “Index Coverage” tergantung pada antarmuka yang digunakan pada saat itu.

Langkah 4: Hapus Halaman dari Indeks

 

Di dalam bagian ini, Anda akan melihat daftar halaman yang terdaftar di indeks Google. Temukan halaman yang ingin Anda hilangkan dari indeks dan pilih halaman tersebut.

Langkah 5: Gunakan Opsi Hapus dari Indeks

 

Setelah memilih halaman, cari opsi yang mengatakan “Hapus dari Indeks” atau “Remove from Index”. Klik opsi ini.

Langkah 6: Verifikasi Tindakan

 

Google Search Console akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi tindakan Anda. Ini dilakukan untuk mencegah penghapusan yang tidak disengaja. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus halaman tersebut dari indeks.

Langkah 7: Pantau Perubahan

 

Setelah Anda menghapus halaman dari indeks, Anda dapat memantau perubahan tersebut melalui bagian laporan “Pengaturan Pengindeksan” di Google Search Console. Halaman tersebut seharusnya tidak lagi muncul dalam hasil pencarian Google setelah beberapa waktu.

Kesimpulan

 

Menghilangkan halaman web dari indeks Google bisa menjadi langkah yang diperlukan terkadang, terutama jika Anda ingin menghapus konten usang atau tidak relevan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas menggunakan Google Search Console, Anda dapat dengan mudah mengelola pengindeksan situs web Anda dan memastikan bahwa hanya konten yang relevan dan berkualitas tinggi yang muncul dalam hasil pencarian Google. Ingatlah bahwa perubahan ini mungkin tidak langsung terlihat dan perlu beberapa waktu sebelum perubahan benar-benar terjadi dalam hasil pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *