Home Tech Cara Mengetahui MAC Address HP, Wifi

Cara Mengetahui MAC Address HP, Wifi

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Cara Mengetahui MAC Address HP, Wifi

Mac Address merupakan sebuah kode unik yang bermanfaat untuk identitas dalam perangkat jaringan. Misalnya Wifi, Ethernet, modem hingga Bluetooth. Semua identitas pada perangkat bersifat unik, dan memiliki perangkat jaringan satu dan yang lainnya mempunyai mac address yang berbeda-beda. Jika dikomputer biasanya, untuk mengetahui mac address sangat mudah dan hal umum. Tapi, bagaimana jika melihat mac address melalui hp android? Mungkin tidak sedikit dari kalian yang masih belum paham tentang hal ini. Tapi, ada cara mudah yang bisa kalian coba untuk mengetahui mac address hp, wifi seperti yang telah di lansir oleh Valetic.id sebagai berikut.

Cara Mengetahui MAC Address HP Android

Untuk mengetahui mac address di android sangat mudah, karena untuk mengecek hal tersebut telah disediakan fitur didalamnya. Cara ini berlaku untuk hp android, seperti Oppo, Xiaomi, Lenovo, Huawei dan lainnya. Lalu bagaimana caranya? Yuk, simak dibawah ini.

1.Cara Mengetahui MAC Address Lewat Setelan Android

Cara ini dianggap paling mudah, untuk itu simak panduan cara lengkapnya sebagai berikut.

  1. Pertama, buka Pengaturan
  2. Lalu cari menu About Phone / Tentang Ponsel / Tentang Sistem
  3. Pada menu tersebut, akan ditampilkan menu pilihan dan informasi tentang hp
  4. Silahkan cari kolom Status, dan klik
  5. Lalu geser layar kebagian bawah, dan akan muncul kolom Wifi Mac Address dan menampilkan mac address pada android yang kalian gunakan

2. Cara Mengetahui MAC Address Lewat Pengaturan Wifi

Cara selanjutnya terletak pada pengaturan Wifi. Pada perangkat yang terhubung dengan otomatis akan menampilkan mac address, dan kalian bisa mengetahuinya dengan mudah. Langsung saja ikuti caranya dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan di android
  2. Masuk ke bagian Wifi
  3. Lalu hubungkan hp dengan wifi
  4. Lalu klik wifi yang berhasil terhubung, lalu buka Pengaturan Lanjutan
  5. Lalu ligat di kolom Mac address, kalian bisa melihat nomor unik didalamnya
  6. Selesai

Namun, tidak semua smartphone android bisa menerapkan cara ini, biasanya android yang dirilis tahun 2018 kebawah akan dengan mudah untuk mengaksesnya.

3. Aplikasi My Mac Address

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi my mac address, yang bisa mengetahui informasi seputar wifi dan mac address dengan mudah. Cara menggunakannya tergolong mudah, silahkan unduh dan install aplikasinya lalu buka. Maka, kalian akan ditampilkan dengan informasi Mac address.

4. Aplikasi Mac Address Finder

Aplikasi selanjutnya adalah mac address finder. Bukan hanya untuk mencari mac address saja, melainkan IP address, informasi tentang jaringan, dan lainnya yang berhubungan dengan ponsel kalian. Silahkan unduh dan install aplikasinya untuk bisa mengetahui seputar informasi didalamnya.

5. Menggunakan Kode Dial

Terakhir, kalian bisa menggunakan kodel dial jaringan di hp. Dengan kode ini, kita dengan mudah bisa melihat informasi penting pada ponsel. Seperti, mac address, alamat IP, dan informasi sinyal. Cara menggunakannya tergolong mudah dan cepat, silahkan ketik ##29889## dan ketuk tombol dial. Maka akan muncul jendela baru, yang menampilkan beberapa informasi tentang mac address dan lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang Cara Mengetahui MAC Address HP, Wifi yang bisa kalian coba gunakan sendiri hanya dengan melihat beberapa cara yang telah kami bagikan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Sumber : sky-aviantion.co.id

You may also like