• Mon. May 27th, 2024

Cara Memperbaiki Aplikasi Android Rusak dan Tidak Berfungsi

By

Cara Memperbaiki Aplikasi Android Rusak dan Tidak Berfungsi – Android adalah sistem operasi yang paling mampu menampung sejumlah besar aplikasi gratis. Itu salah satu hal yang membuat Android error karena terlalu banyak menampung aplikasi gratisan. Error yang terjadi pada Android memiliki banyak faktor, salah satunya karena kapasitas RAM yang berkurang dan efeknya bisa membuatnya hang.

Secanggih dan setangguh apapun ponsel Anda, tentu Anda pernah mengalami hal seperti crash, error pada aplikasi yang sedang digunakan. Yang sering terjadi adalah aplikasi tidak bisa dibuka pada pengguna Android. Namun sebenarnya yang menjadi masalah adalah aplikasi tersebut rusak, gejalanya bermacam-macam, bisa juga karena tidak merespon sehingga aplikasi tidak bisa dibuka. Aplikasi yang diinstal juga terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Aplikasi yang rusak akan muncul dengan pesan seperti sayang sekali aplikasi telah berhenti, tidak merespon, berhenti terus dan sebagainya. Tentunya ini merupakan hal yang paling menyebalkan bagi para pengguna Android, apalagi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang penting dan sering digunakan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa Cara Memperbaiki Aplikasi Android Rusak dan Tidak Berfungsi.

Artikel Terbaru Lainnya Slot Online

Paksa Berhenti Aplikasi

Cara pertama kamu bisa force stop aplikasinya. Menghentikan aplikasi yang berjalan di background pada Hp dianggap sebagai sebuah jalan pintas untuk membersihkan sampah RAM. Tujuannya adalah untuk menghentikan aplikasi ini terus terbuka di layar latar belakang. Misalnya pada software Instagram yang tidak bisa dibuka, namun aplikasi tersebut sebenarnya sudah terbuka di background sistem.

Hapus Cache

Selanjutnya adalah membersihkan cache, cache adalah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi. Fungsi utama dari cache sendiri adalah untuk mempercepat loading dan kinerja sebuah aplikasi. Walaupun cache memiliki kelebihan, namun keberadaan cache juga terkadang menimbulkan kerugian, berbagai file cache akan mengurangi kapasitas memori. Salah satu kelemahan memiliki cache adalah membuat aplikasi error dan kinerja aplikasi melambat.

Reboot Smartphone Android

Cara paling sederhana yang bisa anda lakukan ketika aplikasi di android anda bermasalah adalah dengan melakukan restart atau reboot smartphone android anda. Hal ini akan mengurangi beban RAM yang terlalu banyak digunakan untuk membuka dan menjalankan aplikasi.

Dengan melakukan reboot atau restart maka Hp android anda akan kembali fresh atau segar, sehingga menjalankan aplikasi juga terasa lebih ringan dan lebih optimal. Terlebih lagi, kinerja RAM juga lebih maksimal karena tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Aplikasi Android Rusak dan Tidak Berfungsi semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *