Home Education Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Benar

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Benar

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Benar

Memiliki sebuah pekerjaan yang diimpikan adalah hal menggembirakan. Bukan untuk satu atau dua orang namun pasti semua orang. Namun dalam proses mencari pekerjaan ini tidak bisa dilihat segampang itu. Banyak persaingan dan langkah yang memang harus ditempuh. Cara melamar pekerjaan lewat email sebetulnya sangat tricky. Banyak yang mengalami sebuah kesalahan bahkan ada yang sampai fatal dan tentu sangat disayangkan.

Namun tidak perlu khawatir yang berlebihan. Ada informasi mengenai Cara melamar pekerjaan lewat email cara melamar yang baik dan semestinya dilakukan, diantaranya:

1. Persiapkan Berkas dalam Melamar

Biasanya dalam melamar pasti ada yang namanya ketentuan khusus yang telah disyaratkan oleh perusahaan yang seharusnya dibawa atau dipenuhi. Sebagai contoh mempersiapkan berkas pribadi yang dikenal oleh CV, selain data riwayat tersebut ada juga transkrip nilai yang sangat diperlukan. Kini berkas seperti KTP jika dalam online juga masih diperlukan, pertama pastikan sudah melakukan scan pada KTP tersebut agar mudah ketika di upload pada email.

2. Ganti Alamat Email dengan Nama Asli

Kedua yang sering kali dilupakan bagi para calon pelamar kerja yaitu nama email yang terkesan lebay dan tidak semestinya. Sebagai contoh nama samara [email protected] atau bahkan nama keren bambim [email protected] Tentunya dengan menggunakan nama itu perusahaan tidak akan jadi melirik karena memang itulah kesan pertama yang kurang berkenan. Sebaiknya hindari nama lebay tersebut agar tidak di blacklist oleh HRD. Jangan diremehkan karena karakter dari seseorang bisa dilihat dari kelebay-annya dalam menuliskan email.

3. Ubah Semua File dalam Bentuk ZIP

Berikutnya jangan terlupakan untuk menyimpan seluruh file dalam bentuk RAR atau ZIP. Tujuan dari tindakan ini agar file yang dikirimkan tidak berceceran dan akan selalu pada daftarnya. Terkadang wawasan yang kecil mengenai hal ini membuat pelamar hengkang dari daftar pelamar. Untuk melihat contoh surat lamaran kerja maka bisa mencari referensi pada link ini: https://sickforprofit.com/contoh-surat-lamaran-kerja/

4. Ikuti Panduan Pengiriman

Terakhir dalam cara melamar ini yang penting untuk diikuti adalah bagaimana panduan dalam memasukan tulisan serta berkas lamaran pada badan email. Kerap kali pelamar malah tidak mencantumkan tulisan pembuka pada bagian subject email, padahal ini penting sekali untuk memberikan keterangan sungguh sungguh mengenai status email pelamar. Apabila pelamar langsung begitu saja mengosongi badan email, dipastikan lolos hanya 10 %, sangat disayangkan.

Ketika sudah mengetahui cara melamar pekerjaan lewat email dengan standar yang sesuai, maka jangan diabaikan saja. Ikuti segala prosedur berkenaan dengan tata cara penjelasan di atas. Jangan sampai awal kegagalan justru karena tindakan sepele yang akan memberikan rasa penyesalan yang dalam. Perhatikan bahasa yang ada dalam CV dan badan email juga agar lebih sopan dan sesuai dengan kriteria perusahaan.

You may also like