Home Tech Cara Agar Tidak Terlihat Saat Online di Whatsapp

Cara Agar Tidak Terlihat Saat Online di Whatsapp

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Cara Agar Tidak Terlihat Saat Online di Whatsapp

Mempunyai akun media sosial atau juga komunikasi online seperti Whatsapp, harusnya kita sudah siap dengan risiko terhadap privasi yang kita miliki. Artinya kalian akan kesulitan untuk menyembunyikan profile dan aktivitas saat menggunakan WA. Akhirnya, cara agar tidak terlihat saat online pun menjadi pertanyaan besar bagi penggunanya. Mereka tentu berharap bahwa hal tersebut bisa dilakukan untuk melindungi privasi.

Jika menggunakan aplikasi Whatsapp, artinya orang lain akan melihat aktivitas apa yang sedang kalian lakukan. Misalkan saja pada saat itu, kalian sedang online atau tidak. Juga pada saat membalas atau mengetik pesan, akan terlihat tulisan “typing” pada lawan chat. Hal tersebut sangat mengganggu bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak ingin privasi nya terlihat oleh orang lain.

Berbagai cara sebenarnya bisa dilakukan untuk menjaga privasi ketika sedang online WA. Namun sayangnya cara tersebut tidak begitu memuaskan dan memiliki kekurangan. Sebut saja dengan mematikan fitur “last seen” atau “terakhir dilihat”. Memang pengguna lain tidak akan dapat melihat aktivitas terakhir atau kapan terakhir kalian online. Namun kelemahannya adalah status online akan kembali terbaca ketika kalian membuka WA, bayangkan saja ketika pada saat bersamaan ada teman yang kalian ingin menyembunyikan privasi sedang dalam keadaan online juga. Ketahuan kan!

Cara agar tidak terlihat saat online yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur “mode pesawat”. Cara ini juga bisa menjadi alternatif. Sebelum membaca dan membalas pesan, kalian gunakan mode pesawat terlebih dahulu, kemudian baca dan kalau perlu balas chat yang ada. Matikan lagi mode pesawat jika merasa waktunya sudah cukup. Pesan yang kalian baca dan balas tadi akan otomatis sampai pada penerima setelah koneksi terhubung. Kekurangan dari cara ini adalah tidak permanent, status online akan tetap terbaca walaupun hanya sebentar.

Cara selanjutnya yang mungkin bisa kalian coba adalah dengan mematikan fitur centang biru. Apa itu centang biru? Pada aplikasi WA memiliki arti tersendiri ketika mengirim pesan. Jam code berarti pesa kalian belum terkirim karena masalah koneksi yang ada pada perangkat kalian. Centang satu berarti pesan tersebut sudah tersampaikan, namun penerima tidak terhubung dengan koneksi. Centang dua abu-abu berarti pesan kalian sudah sampai namun penerima belum membacanya. Dan yang terakhir adalah centang biru yang menandakan bahwa pesan kalian sudah sampai dan dibaca penerima. Dengan begitu, jika pengaturan centang biru kalian aktif, maka orang lain akan tahu bahwa pesan tersebut telah kalian baca. Kalian bisa mematikannya sebagai salah satu alternatif cara menyembunyikan online di whatsapp agar mereka tidak tahu kalian sudah membacanya.

Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online Dengan Aplikasi

Cara ini dipastikan mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan dengan cara manual diatas. Tapi sangat tidak disarankan untuk menggunakannya karena dari pihak Whatsapp sendiri sudah melarangnya. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah GBWhatsApp, karena tidak ada di Playstrore, jadi kalian harus download melalui situs yang menyediakannya ya!

  • Download dan install aplikasi tersebut.
  • Jalankan aplikasinya.
  • Login dengan nomor seperti yang digunakan pada akun Whatsapp kalian.
  • Pada menu setting, kalian pilih “privacy”.
  • Kemudian silahkan pilih “Hide Online Status” untuk menyembunyikan status online secara permanent.

Kami peringatkan sekali lagi ya! Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti diatas tidak disarankan karena mungkin akan membahayakan akun kalian sendiri. Untuk cara agar tidak terlihat saat online yang aman sekaligus extreme, dan dijamin 100% pasti berhasil adalah, kalian blokir siapa saja yang tidak ingin privasi kalian terlihat. Beres kan!

You may also like