Home Career Bangkit Dari Kegagalan, Inilan 5 Pola Pikir Yang Dimiliki Para Orang Sukses!

Bangkit Dari Kegagalan, Inilan 5 Pola Pikir Yang Dimiliki Para Orang Sukses!

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
Jadikan kegagalanmu sebagai baut loncatan menuju keberhasilan

Kegagalan adalah proses yang dilewati oleh semua orang sebelum mencapai kesuksesan. Banyak orang yang terpuruk dan enggan untuk bangkit setelah merasakan kegagalan. Memang bangkit dari keggalan merupakan sebuah hal sulit akan tetapi hal tersebut bergantung pada pola pikir individu masing-masing. Tidak sedikit pula orang yang merasakan kegagalan akhirnya bangkit dan berjuang kembali hingga meraih kesuksesan. Beberapa pola pikir berikut ini bisa kamu jadikan motivasi apabila kamu sedang berada dalam fase kegagalan ini. Walaupun setiap orang memiliki cara unik tersendiri dalam mengatasi kegagalanya, tapi kamu bisa menerapan pola pikir berikut ini yang membuat kamu bersemangat lagi menjalani hidup.

1. Berkaca pada orang-orang sukses yang mendapatkan kegagalan ribuan kali

Setelah mendapat kegagalan, seringkali kamu akan merasa bahwa kamu orang paling tidak beruntung di dunia ini dan lupa bahwa banyak orang yang jauh tidak beruntung dari kamu. Mereka yang tidak beruntung mengubahnya menjadi sebuah kesuksesan dengan kerja keras dan pikiran yang optimis bahwa mereka bisa mencapai kesuksesan. Tokoh-tokoh dunia seperti Harlan Sanders, Michael Jordan, dan steve jobs pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Bukan seberapa banyak kamu gagal, akan tetapi seberapa kuat kamu bangkit dari kegagalan tersebut. Kegagalan tersebut membawa mereka mejadi individu yang memilih untuk terus berusaha sampai mendapatkan keberhasilan dan seperti pepatah mengatakan bahwa hasil tidak pernah mengkhinati usaha. Tepis semua pikiran putus asa kamu dan jadikan kegagalan menjadi awal dari keberhasilanmu.

 

2. Kegagalan mengubah seseorang menjadi individu baru

Pernah mendengar atau melihat video motivasi tentang sebatang wortel dan telur yang dipanaskan di air panas. Sebatang Wortel yang direbus di air panas dan hasilnya wortel tersebut menjadi layu dan lunak sedangkan sebutir telur yang direbus di air panas akan mengeras. Hal yang dapat dipelajari dari kedua hal tersebut adalah semua orang di dunia ini sama sama diguyur dengan kegagalan dan direndam dalam air penyesalan, akan tetapi kita tinggal memilih dan mengubah pola pikir kita mau manjadi sebatang wortel yang layu karena terkena kegagalan atau menjadi telur yang mengeras dan menjadi matang karena mengalami kegagalan tersebut. Pada dasarnya semua orang mengalami masalah berupa kegagalan, kesedihan, dan penyesalan. Tetapi beberapa orang menjadikan hal tersebut sebagai temeng untuk terus terpuruk dalam kegagalan dan sebagian lagi menjadikanya sebagai cambuk untuk menjadi lebih kuat sampai memperoleh keberhasilan.

3. Berpikir optimis dalam setiap kegagalan

Photo Credit: Google

Photo Credit: Google

Memiliki pikiran optimis adalah kunci sukses yang harus kamu miliki. Salah satu pikiran optimis adalah “Keberhasilan tinggal sedikit lagi dan kesuksesan akan kuraih” sangat berbeda dengan “Keberhasilan masih setengah jalan begitu pun dengan kesuksesan masih sangat jauh pula.” Berfokus dengan apa yang telah kita raih dan berekspetasi yang baik pula di masa depan adalah kunci dari pemikiran optimis. Pemikiran ini bukan sekadar omong kosong, karena penelitian yang dilakukan oleh psikolog Susan Segerstrom membuktikan bahwa lulusan sekolah hukum yang memandang hidup mereka dengan pemikiran optimis mampu menghasilkan $ 32.667 lebih banyak daripada rekan-rekan mereka yang berpikiran pesimis.

 

4. Tumbuhkan lagi motivasi dan ingat orang-orang yang selalu menyemangatimu betapa inginnya melihatmu berhasil

Kegagalan bukan kamu rasakan sendiri banyak orang yang selalu mendukungmu di belakang. Ingat lagi bahwa mereka ingin melihatmu sukses dan berhasil. Jangan ragu untuk bercerita atau curhat dengan mereka. Dengan menumbuhkan motivasi ini kamu akan mempunyai semangat baru dan perlahan mulai membangun lagi mimpimu selangkah demi selangkah.

5. Tuhan selalu bersama kamu

Catatan paling penting ketika kamu gagal adalah tuhan sedang mengujimu dengan cobaan dan seberapa kuat kita bisa menghadapinya. Akankah kita gagal dan menyerah atau sebaliknya bangkit dan berhasil. Tuhan telah menciptakan manusia dengan keberhasilan masing-masing dan dengan cara masing masing. Dia bukan tidak mendengar, hanya sedang menunggu kita memohon dan meminta dengan sungguh-sungguh. Pada akhir perjuangan kita tuhan akan memberikan kita keberhasilan dengan cara terbaik.

Jadikan lima langkah tersebut sebagai motivasi kamu untuk bangkit dari kegagalan karena setelah kegagalan pasti ada keberhasilan yang sedang menunggu kamu di ujung perjuanganmu dengan cara yang indah.

You may also like