• Mon. May 27th, 2024

Aplikasi Game yang Cocok untuk Anak-anak versi Android dan iOS

By

Terdapat beberapa aplikasi game yang cocok untuk anak-anak, bahkan memberikan manfaat stimulasi positif. Penggunaan handphone pada anak di bawah umur, apalagi balita harus dilakukan di bawah pengawasan orang tua.

Beberapa orang tua bahkan menghindarkan handphone dari anak sama sekali karena menyadari dampak buruknya. Namun, jika anak diarahkan dengan baik untuk belajar dari beberapa app di bawah maka akan mendapatkan efek positif. dikutip dari FIN4D

Aplikasi Game yang Cocok untuk Anak-anak

Pada zaman serba digital, segala sesuatu sudah mulai bergeser ke ranah dunia maya, salah satunya kebiasaan bermain atau berkegiatan anak-anak. Agar anak tidak hanya bermain handphone, tetapi juga belajar maka orang tua bisa pertimbangkan rekomendasi app berikut:

1.      Kids Animals Jigsaw Puzzle

Kids Animals Jigsaw Puzzle sudah diunduh oleh sebanyak 10 juta orang lebih di Play Store dan mendapatkan bintang 4,5 dari para pengguna. Permainan acak dan susun gambar ini bisa dimainkan oleh anak perempuan maupun anak laki-laki.

Ada banyak pilihan gambar bisa dimainkan dengan metode sama seperti main puzzle biasa. Bedanya, apabila puzzle biasa mengharuskan Anda memegang setiap kepingnya secara langsung, maka dalam permainan ini Anda harus menggunakan jemari menggeser kepingnya.

2.      Marbel Belajar Hijaiyah

Belajar hijaiyah tidak harus selalu ke guru ngaji, meskipun itu juga penting sebagai bekal pelajaran agama bagi anak. Namun, sambil bermain di rumah juga bisa menjadi sarana belajar hijaiyah dengan bimbingan orang tua melalui cara menyenangkan.

Melalui aplikasi ini, anak-anak tidak akan merasa tertekan belajar karena materi diberikan dengan cara menyenangkan. Ada banyak kombinasi gambar serta angka yang membuat pemahaman materi menjadi lebih mudah bagi anak-anak dari segala usia.

3.      Kumpulan Dongeng

Mendongeng merupakan kegiatan yang dianjurkan dokter tumbuh kembang dan psikolog anak untuk melatih kemampuan berbicara anak. Tanpa perlu membeli buku yang berpeluang disobek, orang tua dapat mengunduh Kumpulan Dongeng dari Play Store saja.

Tiga rekomendasi aplikasi di atas dapat menjadi acuan ketika orang tua kehabisan ide bermain dengan anak. Tidak semua yang terdapat pada handphone buruk, buktinya berbagai aplikasi game yang cocok untuk anak-anak di atas memberikan efek positif.

 

Sumber:

https://id.theasianparent.com/13-aplikasi-edukasi-anak-terbaik-untuk-android-dan-ios

https://play.google.com/store/apps/details?id=se.appfamily.superpuzzlefree&hl=en

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelhijaiyah&hl=en

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sheza.kumpulandongeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *