Home Tech 5 Aplikasi Edit Video Ringan yang Gak Bakal Bikin PC Hang

5 Aplikasi Edit Video Ringan yang Gak Bakal Bikin PC Hang

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
5 Aplikasi Edit Video Ringan yang Gak Bakal Bikin PC Hang

Aplikasi edit video ringan sangat dibutuhkan bagi editor yang memiliki PC dengan kapasitas RAM kecil. Jika menggunakan software berat, bisa-bisa PC menjadi hang karena tidak mampu memproses software yang sedang digunakan. Maka, akan sangat cocok digunakan untuk mengkreasikan video dengan gaya simpel seperti memperpendek durasi video, menyatukan sejumlah clip hingga memberikan musik dalam video tersebut. Berikut ini rekomendasi software atau aplikasi ringan pengedit video:

1. Movie Maker

Siapa tak kenal dengan aplikasi edit video ringan yang satu ini? Movie Maker adalah software editing milik Windows yang tak akan membuat PC ataupun laptop mengalami hang karena memorinya yang kecil. Selain itu, memproses aplikasi ini juga tidak akan membebankan kinerja RAM PC.

Movie Maker sangat diandalkan bagi yang baru pertama kali edit video. Meskipun demikian, software ini sudah dilengkapi dengan fitur dubbing dan timeline yang berfungsi untuk mensinkronkan audio dan video. Movie Maker bisa diandalkan untuk memproduksi video musik sederhana yang tak memerlukan banyak efek dan transisi.

2. Avidemux

Avidemux adalah software andalan bagi pengguna yang memiliki PC atau laptop dengan spek rendah. Meskipun tergolong aplikasi editing ringan, Avidemux menyediakan beberapa fitur yang bisa dicoba untuk membuat video menjadi lebih menarik. Namun, Avidemux tidak bisa menggabungkan banyak video dalam satu timeline. Software ini pada umumnya dipakai dengan tujuan memperlambat atau mempercepat speed video.

3. Corel Studio

Corel lebih dikenal sebagai software animasi seperti Adobe Illustrator, tetapi jangan salah karena Corel juga memiliki versi lainnya yang bisa digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini bernama Corel Studio yang memiliki tampilan lebih profesional dibandingkan dengan Movie Maker dan Avidemux.

Corel Studio akan menjadi pilihan terbaik bagi yang sudah memiliki skil editing dan ingin mengedit video untuk keperluan profesional. Meskipun tampilannya menarik serta fitur yang disediakan sudah cukup lengkap, Corel Studio masih tergolong aplikasi ringan sehingga tak akan memberatkan PC saat sedang menjalankannya. Jadi, pengguna PC spek rendah tak perlu khawatir tidak bisa menghasilkan video menarik dan unik.

4. AVS

Selain AVS, masih ada lagi aplikasi ringan yang bisa digunakan untuk keperluan profesional yaitu AVS. Aplikasi ini sudah memiliki banyak pilihan transisi sehingga akan membuat video menjadi terlihat lebih kreatif. Selain transisi, AVS juga menyediakan efek dan fitur menarik lainnya seperti dubbing, filter, dan cropping.

5. Camtasia

Selain bisa mengedit video, Camtasia juga bisa digunakan untuk merekam layar PC dan laptop. Hal inilah yang membedakan sekaligus menjadikan Camtasia lebih unggul dibandingkan dengan software editing ringan lainnya. Jadi, dengan satu aplikasi pengguna sudah bisa menggunakannya untuk 2 keperluan berbeda sehingga tak akan menghabiskan lebih banyak memori dan RAM PC.

Itulah 5 aplikasi edit video ringan terbaik dan untuk info menarik lainnya bisa dilihat di Terraveu. Aplikasi tersebut sangat direkomendasikan bagi editor yang memiliki PC dengan spek rendah. Meskipun kapasitas PC rendah, tetapi pengguna bisa menghasilkan video menarik menggunakan lima aplikasi tersebut.

You may also like