Home Business 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Toko Online

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Toko Online

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Toko Online

Tahukah kalian bahwa saat ini sudah tersebar tren baru, yaitu berbisnis dengan membuka toko online. Tren ini tentu berdampak positif sebab banyak orang akhirnya bisa menjalankan bisnis meski tidak memiliki toko offline. Namun, membangun toko online tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada banyak hal yang harus kamu dipersiapkan sebelum membuat toko online.

Oleh karena itu, kali ini akan disampaikan beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum membuat toko online.

1. Menentukan Produk

Sebelum membuat toko online, kita perlu menentukan produk yang akan dijual atau dipasarkan. Caranya bisa dengan melakukan riset pasar baik secara online maupun offline. Riset bertujuan untuk mengetahui sejauh apa produk yang ingin kita jual mampu bersaing di pasaran. Selain riset, kita juga perlu mempertimbangkan sumber daya produsen. Apakah kita akan membeli suatu produk dari produsen atau justru melakukan produksi produk sendiri.

2. Menentukan Target Penjualan

Setelah menentukan produk yang ingin dijual, maka selanjutnya adalah menentukan target pasar atau pembeli yang mungkin tertarik dengan produk kita. Target pembeli disesuaikan dengan minat pasar terhadap produk yang kita jual. Dengan menentukan target pembeli, kita bisa meminimalisir kesalahan dalam melakukan promosi. Dalam menentukan target pembeli ini, kita diharapkan pandai membaca peluang yang ada di sekitar.

3. Menentukan Nama Domain

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan nama domain. Layaknya berjualan secara offline, kita perlu memberikan nama untuk bisnis kita agar mudah diingat dan bisa menarik pelanggan. Nama domain sangat mempengaruhi nilai toko online yang kita buat pada sebuah mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk memberikan nama domain yang bisa mewakili produk yang kita jual.

Selain itu, perlu dipastikan bahwa ekstensi domain yang kita gunakan familier seperti .com atau .co.id. Hindari menggunakan ekstensi domain yang tidak umum karena akan menurunkan kredibilitas toko online yang sedang kita kembangkan.

4. Memilih Hosting

Perlu diingat bahwa sebuah website atau segala hal yang berhubungan dengan internet tidak mungkin bisa beroperasi tanpa adanya hosting. Ibaratnya, hosting adalah media penyimpanan yang akan memuat segala data toko online kita. Selain itu, kita juga bisa menggunakan layanan email hosting untuk membuat bisnis toko online kita terlihat lebih profesional. Dengan menggunakan layanan email hosting, kita bisa lebih mudah melakukan pengaturan email yang akan kita kirimkan. Patikan kita memilih jasa penyedia layanan hosting yang terpercaya agar toko online yang kita miliki bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita.

5. Tampilan Toko Online

Tujuan kita membuat toko online tentunya untuk menarik perhatian pengunjung sehingga meningkatkan penjualan, bukan? Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan soalan tampilan toko online yang kita miliki. Tampilan toko online sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung toko online kita. Tampilan toko online yang kita miliki harus mudah dipahami oleh pengunjung.

6. Menggunakan Sistem Pembayaran yang Mudah dan Terpercaya

Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan saat membuat toko online adalah merencanakan sistem pembayaran yang mudah dan terpercaya. Pasalanya, belakangan banyak konsumen yang takut untuk membeli barang secara online karena ketidakamanan sistem pembayaran. Kita harus memastikan bahwa sistem pembayaran yang digunakan dalam toko online mampu membuat konsumen percaya, salah satu caranya adalah dengan memberikan garansi uang kembali. Selain itu, kita juga bisa memberikan berbagai pilihan sistem pembayaran juga akan menjadi nilai tambah di mata konsumen.

7. Sistem Pengiriman

Pada saat kita membuat toko online, kita perlu memikirkan sistem pengiriman agar produk yang telah dibeli bisa sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, kita bisa menyediakan berbagai sistem pengiriman yang aman dan terpercaya. Sistem pengiriman juga sebaiknya dilengkapi dengan lacak resi, sehingga pelanggan dan kita sendiri selaku pemilik toko online bisa mengetahui keberadaan barang.

Nah, itulah tadi 7 hal penting yang perlu dipersiapkan untuk membuat toko online. Semoga informasi di atas bisa menambah informasi kita semua dalam membangun toko online.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik membangun toko online untuk menambah pundi-pundi penghasilan?

Jika mulai tertarik membangun toko online, maka Jetorbit sebagai layanan penyedia hosting dan domain siap membantu mengembangkan toko online Anda. Anda bisa berkonsultasi langsung kepada kami dan kami akan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan.

You may also like