Home Business 4 Teknik Coaching yang Memberi Perubahan Baik Bagi Klien

4 Teknik Coaching yang Memberi Perubahan Baik Bagi Klien

by Azkhan Fawwaz Alfarizi
4 Teknik Coaching yang Memberi Perubahan Baik Bagi Klien

Banyak teknik coaching yang biasa diberikan oleh para coach untuk kliennya. Coaching ini berguna untuk perkembangan baik itu bisnis, pribadi, dan lain sebagainya. Tidak heran jika hal ini kemudian menjadikan banyak orang memilih untuk menggunakan jasa coaching trainer dan terbukti bisa memberikan perubahan yang bagus bagi hidup kliennya.

Berikut ini 4 teknik yang biasa digunakan untuk melakukan coaching. Bisa klien dapatkan semuanya atau yang hanya sesuai dengan kebutuhan.

1. Teknik dengan Menggunakan Pendekatan Positif

Menggunakan kata-kata untuk menumbuhkan potensi yang sudah ada sangat efektif. Pendekatan positif ini bukan sebagai manipulasi, tapi justru sebagai pembangkit bahwa apa yang sudah ada dalam diri dengan mudah bisa dikembangkan. Selain itu, jika belum menemukan potensi, pendekatan ini akan mengarahkan klien untuk mampu mencarinya tanpa kenal menyerah. Hal ini tentu saja penting, karena selain meningkatkan rasa percaya diri, juga bisa menumbuhkan rasa giat dan gigih dalam menjadikan diri atau bisnis lebih baik lagi.

2. Teknik Menggunakan Pertanyaan untuk Membangun Hubungan Akrab

Seringkali sedikit pertanyaan bisa menambah hubungan akrab antara coach dan klien. Hal ini bisa memberi kenyamanan untuk kedua pihak. Teknik ini tentu lebih bisa diterima oleh klien, karena klien akan lebih mudah mengutarakan apa masalah serta hal yang ingin diperbaiki kedepannya. Pesan maupun ilmu praktis yang disampaikan oleh coach akan sampai dengan luwes diaplikasikan oleh klien. Selain itu, kedepannya hubungan ini bisa berumur panjang.

3. Teknik Membangun Tujuan

Mungkin ini akan menjadi teknik coaching yang penting untuk kemajuan klien baik bagi dirinya sendiri maupun bisnisnya. Memiliki tujuan akan memberikan arah bagi perkembangannya. Sehingga tahu apa yang harus dicapai serta bisa memberikan langkah dalam meraihnya. Tentu ini akan lebih mudah dilakukan dibanding jika klien belum memiliki tujuan sama sekali. Praktis apapun yang diterima akan mengarahkan klien satu langkah lebih nyata ke impiannya. Mungkin ini yang sangat diinginkan oleh banyak orang untuk mengikuti coaching trainer.

4. Teknik untuk Mempraktikkan Apa yang Di-Coaching-kan

Semua teknik yang telah disebutkan tidak akan memiliki dampak apapun jika tidak diterapkan oleh klien. Sehingga hasil dari coaching akan lebih terlihat. Beda halnya dengan yang tidak mementingkan teknik ini, maka coach sehebat apapun tidak akan mempengaruhi kehidupannya. Melakukan praktik akan memberikan perubahan yang diinginkan baik bagi diri maupun bisnis yang sedang dijalani.

Masih ada banyak lagi  teknik coaching yang bisa digunakan, tapi 4 di atas bisa dibilang yang memberikan pengaruh signifikannya. Itulah 4 teknik dari coaching yang bisa klien pilih maupun gunakan semuanya. Mengikuti coaching yang tepat bisa memberikan pengaruh dan dampak besar bagi pribadi dan bisnis yang diinginkan perkembangannya.

You may also like